comscore

Pansel Komnas HAM Pastikan Tak Akan Meloloskan Peserta Job Seeker

Putra Ananda - 04 Maret 2022 14:41 WIB
Pansel Komnas HAM Pastikan Tak Akan Meloloskan Peserta <i>Job Seeker</i>
Komnas HAM. MI
Jakarta: Panitia Seleksi (Pansel) calon anggota Komnas HAM dipastikan tak akan meloloskan calon yang bersifat job seeker. Nama kandidat job seeker kerap muncul dalam proses seleksi kepemimpinan jabatan strategis di komisi-komisi lain.

"Saya beberapa kali menjadi panitia seleksi di bidang lain selalu menemunkan nama-nama yang sama kembali ikut seleksi. Artinya, memang ada pergeseran minat. Saya harap memang nanti komisioner terpilih memiliki komitmen yang tinggi," kata anggota Pansel calon anggota Komnas HAM, Harkristuti Harkrisnowo, saat melakukan sosialisasi dan diskusi bertema Tantangan HAM Lima Tahun Mendatang dan Peran Strategis Komnas HAM di Jakarta, Jumat, 4 Maret 2022.
Harkristuti menyebut isu HAM akan mengemuka dalam kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Oleh karena itu, kampanye para calon yang menyinggung masalah isu HAM harus ditagih masyarakat apabila yang bersangkutan terpilih.

"Hal tersebut sebagai bentuk penegakan HAM di Tanah Air," kata dia.

Sementara itu, Ketua Pansel calon anggota Komnas HAM, Makarim Wibisono, menjamin proses seleksi berlangsung transparan dan akuntabel. Pansel juga membatasi usia calon anggota Komnas HAM.

"Kami ingin proses ini transparan dan akuntabel. Selain itu kami ingin juga menghadirkan komisioner yang menguasai permasalahan HAM sehingga syarat umur 40 hingga 65 tahun dijadikan salah satu indikator seleksi," kata Makarim.

Makarim menjelaskan calon anggota Komnas HAM harus memiliki visi dan misi untuk mengembangkan Komnas HAM sebagai lembaga yang strategis dan visioner. Selain itu, komitmen penuntasan pelanggaran HAM masa lalu menjadi hal yang akan dipertimbangkan Pansel dalam melakukan seleksi calon anggota Komnas HAM.

"Dan juga calon yang bisa memaksimalkan kewenangan pelaksanaan penyidikan pro-justicia dan membuat terobosan untuk menyelesaikan kasus pelanggara HAM berat masa lalu," kata dia.

Baca: Pendaftaran Calon Anggota Komnas HAM Diperpanjang

Pansel melibatkan Serikat Pengajar Hak Asasi Manusia (Sepaham) dengan harapan anggota Komnas HAM periode 2022—2027 bisa membawa perubahan lembaga yang lebih visioner. Secara umum, pendaftaran calon anggota Komnas HAM periode 2022—2027 telah dibuka pada hari Selasa, 8 Februari 2022 hingga 8 April 2022.

Mekanisme pendaftaran dapat dengan dua cara, yakni dalam jaringan (daring) atau online dan via pos. Khusus pendaftaran daring, kata dia, calon peserta bisa mengakses www.komnasham.go.id/seleksianggota serta wajib mengirimkan dokumen fisik via pos ke Panitia Seleksi Calon Anggota Komnas HAM ke alamat Kantor Komnas HAM Jakarta.

Terdapat enam tahapan yang akan dilalui para pendaftar, yaitu seleksi administrasi, tes tertulis objektif dan penulisan makalah, dialog publik, psikologi, tes kesehatan, dan wawancara.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id