Satgas: Covid-19 Varian Mu Tidak Ditemukan di Indonesia

    Theofilus Ifan Sucipto - 08 September 2021 08:53 WIB
    Satgas: Covid-19 Varian Mu Tidak Ditemukan di Indonesia
    Ilustrasi/Medcom.id



    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 melacak keberadaan virus korona varian Mu atau B1621 di Indonesia. Data whole genome sequencing (WGS) dikumpulkan hingga Senin, 6 September 2021.

    “Data WGS per 6 September 2021 menyebutkan bahwa varian ini tidak ditemukan di Indonesia,” kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito melalui keterangan tertulis, Rabu, 8 September 2021.

     



    Baca: Tren Kasus Aktif di Indonesia Terus Mengalami Perbaikan

    Wiku memastikan pemerintah berupaya mencegah masuknya Varian Mu. Caranya, dengan memperketat kebijakan karantina internasional, entry, dan exist testing, serta persyaratan vaksin.

    Pemerintah, kata Wiku, juga mencegah munculnya varian anyar itu di dalam negeri. Hal itu dilakukan melalui vaksinasi serta kebijakan menyeluruh untuk menekan angka kasus.

    “Tentunya ini hanya dapat berhasil jika dibarengi peran aktif masyarakat yang tetap disiplin 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun) dan divaksinasi,” ujar dia.

    Varian Mu pertama kali ditemukan di Kolombia. Varian tersebut ditetapkan sebagai variant of interest (VOI) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 30 Agustus 2021.

    Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id