Pemerintah Jamin Lokasi Karantina di Natuna Aman

    Candra Yuri Nuralam - 03 Februari 2020 11:07 WIB
    Pemerintah Jamin Lokasi Karantina di Natuna Aman
    Sebanyak 238 WNI yang dievakuasi dari provinsi Hubei, Tiongkok, tiba di Natuna, Kepulauan Riau, Minggu 2 Februari 2020. (Foto: Kementerian Luar Negeri)
    Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjamin lokasi karantina di Natuna, Kepulauan Riau, aman. Kemenkes menilai potensi penyebaran virus dari udara juga minim. 

    "Jarak (lokasi karantina)  diyakini cukup jauh. Sebagaimana yang kita ketahui, virus ini tidak terlalu kuat di udara," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Anung Sugihartono di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Senin, 3 Februari 2020.

    Anung mengatakan lokasi karantina menggunakan dua hanggar besar. Tenda yang dipasang berlapis untuk mengatur keluar masuknya udara.

    "Jadi dari sesi kesehatan memastikan bahwa apa yang terjadi, kalau itu sifatnya penyebaran lewat udara tidak akan sampai ke komunitas," ujar Anung.

    Kemenkes juga menyiapkan sistem keamanan tiga ring di lokasi karantina. Ring satu hanya diisi petugas kesehatan yang bisa melakukan kontak dengan warga yang dikarantina.

    "Kemudian ring dua hubungan pelayanan dan penyediaan makanan dan sebagainya. Serta ring (tiga) untuk pemantauan," tutur Anung.

    Sebanyak 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Hubei, Tiongkok, dipastikan dalam keadaan sehat. Mereka dibawa ke Pangkalan Militer Natuna, Kepulauan Riau, untuk dilakukan observasi.

    Keputusan mengevakuasi WNI diambil usai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan virus korona masuk dalam status darurat global.





    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id