Warga Disarankan Tak Naik Transportasi Umum Bareng Rekan

    Kautsar Widya Prabowo - 15 September 2020 11:11 WIB
    Warga Disarankan Tak Naik Transportasi Umum Bareng Rekan
    (Ilustrasi) TransJakarta membatasi jumlah penumpang tiap bus selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
    Jakarta: Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyarankan warga menghindari penggunaan transportasi umum bersama kenalan atau rekan sejawat. Hal tersebut meningkatkan risiko penularan virus korona (covid-19).

    Ketua Umum Pengurus Besar IDI Daeng M Faqih menjelaskan masyarakat Indonesia mudah bersosialisasi. Kecil kemungkinan komunikasi tidak terjadi apabila rekan sejawat berbarengan menggunakan transportasi massal.

    "Tanpa sadar kita bercakap-cakap, ketawa-ketawa, itu dihindari," ujar Daeng dalam diskusi virtual, Selasa, 15 September 2020.

    Baca: PSBB Jilid II Berpotensi Diperpanjang Hingga Oktober 2020

    Penumpang tranportasi umum lebih baik tidak berkomunikasi. Upaya kecil itu dapat membawa pengaruh besar untuk menekan penyebaran covid-19.

    Selain itu, warga diminta tetap menjaga kebersihan. Dia menyarankan pengguna transportasi umum tak menyentuh benda-benda yang berpotensi menjadi media penyebaran virus dan bakteri.

    "(Jika) di kereta itu pasti kita pegang (gagang), tangan kita dijaga tidak menyentuh hidung, mata, dan mulut," jelasnya.

    Daeng meyakini dalam pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid II sudah mengatur jaga jarak dan kedisiplinan protokol kesehatan. Namun, kesadaran dari setiap individu lebih utama.

    (SUR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id