Membuat Disinfektan Secara Mandiri

    Sri Yanti Nainggolan - 21 Maret 2020 14:03 WIB
    Membuat Disinfektan Secara Mandiri
    Ilustrasi penyemprotan disinfektan. DOK istimewa
    Jakarta: Masyarakat berbondong-bondong mencari disinfektan di tengah pandemi virus korona (covid-19). Disinfektan bisa digunakan untuk membasmi kuman penyakit.

    Ketua Umum Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Arif Sumantri mengungkapkan masyarakat bisa membuat sendiri disinfektan. Cara pembuatan sangat mudah.

    "Alternatif disinfektan menggunakan cuka yang biasa digunakan untuk (makanan) pempek atau asam," ujar Arif di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Sabtu, 21 Maret 2020.

    Caranya dengan mencampurkan setengah cangkir cuka, setengah cangkir air, dan 12-22 tetes minyak esensial. Minyak bisa berbahan kayu manis, cengkeh, atau jeruk nipis.

    (Baca: Apakah Hand Sanitizer Rumahan Aman Buat Anak-anak?)

    Sementara penggunaannya pertama-tama bersihkan dulu barang yang bakal disemprotkan dari debu. "(Setelah disemprot), bilas dengan lap," tutur dia.

    Dia memaparkan cuka berperan sebagai disinfektan karena memiliki pH rendah sehingga dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Cuka juga tergolong antiseptik ringan.

    Sementara, minyak esensial memiliki kualitas antibakteri, antijamur, dan antivirus. "Ini bisa menjadi preventif secara mandiri," kata dia



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id