Puskesmas Bisa Melayani Screening Massal Korona

    Cindy - 07 April 2020 10:57 WIB
    Puskesmas Bisa Melayani <i>Screening</i> Massal Korona
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Puskesmas dipastikan dapat melakukan screening kesehatan massal pada masyarakat. Screening kesehatan massal ini untuk mengetahui dengan cepat warga yang terpapar virus korona (covid-19).

    "Metode screening yang dilakukan dengan hasil penelusuran masyarakat diduga kontak erat dengan pasien positif. Setelah dilakukan wawancara dan epidemologi, Puskesmas akan melakukan screening kepada masyarakat," kata Dirjen Layanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Bambang Wibowo di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Selasa, 7 April 2020.

    Bambang mengatakan warga yang diperiksa akan lebih dulu diberi edukasi terkait screening kesehatan. Ada dua cara screening kesehatan masyarakat, yakni dengan rapid test antibody dan swab.

    Rapid test antibody dilakukan dengan mengambil sampel darah baik melalui darah kapiler maupun dari ujung jari. Hasil tes dapat langsung diketahui.

    Baca: Kelompok Penularan Korona Terbanyak Jatim Ada di Surabaya

    Sementara metode swab dilakukan dengan mengambil sampel liur dari tenggorokan. Sampel tersebut bakal dites di laboratorium polymerase chain reaction (PCR).

    Selanjutnya, warga akan diinformasikan hasil tes PCR. Bila hasil dari kedua metode screening positif, warga yang tak memiliki gejala berat dianjurkan melakukan isolasi mandiri.

    "Puskesmas setempat juga akan memberi edukasi dan memonitor perkembangan kesehatan warga melalui telepon genggam atau sistem online," ucap Bambang.

    Bambang mengatakan petugas kesehatan di Puskesmas telah diberi pelatihan secara online. Puskesmas kini berperan penting untuk mencegah, melakukan screening kesehatan dan merespon bila diketahui ada pasien positif di wilayahnya.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id