Pemerintah Bangun 9 Bendungan Pencegah Banjir

    Kautsar Widya Prabowo - 30 Januari 2019 19:18 WIB
    Pemerintah Bangun 9 Bendungan Pencegah Banjir
    Banjir. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
    Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Alam (SDA) akan membangun sembilan bendungan di sejumlah wilayah Indonesia. Hal tersebut sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi banjir. 

    "Total volume air yang bisa ditampung bendungan ini 1,3 juta meter kubik dan mampu mereduksi banjir 2,85 juta meter kubik," kata Direktur Jenderal SDA Kementerian PUPR Hari Suprayogi di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Rabu, 30 Januari 2019.
    Pembangunan bendungan dapat menelan biaya investasi hingga Rp21 triliun. Proyek ini pun ditargetkan rampung pada 2023. 

    Bendungan ini meliputi Bendungan Mbay Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT); Bendungan Jenelata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan; dan Bendungan Pelosika, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Kemudian ada Bendungan Jragung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah; dan Bendungan Riam Kiwa, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

    Baca: Korban Banjir Hilang di Gowa Masih Dicari

    Selain itu, ada Bendungan Tiro, Nanggroe Aceh Darussalam; dan Bendungan Budong-Budong, Sulawesi Barat. Lalu, ada Bendungan Ameroro, Sulawesi Tenggara; dan Bendungan Tiu Suntuk, Nusa Tenggara Barat.

    Sementara itu, untuk mendukung ketahanan pangan dan air sebagai Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Kementerian PUPR pada periode 2015-2019 membangun 65 bendungan. Itu terdiri dari 15 bendungan yang telah selesai, 41 bendungan sedang berjalan, dan 9 bendungan sesuai tahun anggaran (TA) 2019.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id