Jokowi Tinjau Pembangunan Pusat Perbenihan untuk Atasi Bencana Ekologis

    Nur Azizah - 27 November 2020 11:14 WIB
    Jokowi Tinjau Pembangunan Pusat Perbenihan untuk Atasi Bencana Ekologis
    Presiden Joko Widodo meninjau Pusat Sumber Benih dan Persemaian Rumpin. DOK Sekretariat Presiden
    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Pusat Sumber Benih dan Persemaian Rumpin, Jumat, 27 November 2020. Lokasi persemaian terletak di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

    "Ini adalah sebuah lokasi pembibitan yang ingin kita persiapkan. Kita harapkan nanti tahun depan, 2021, sudah selesai dan sudah berproduksi," kata Jokowi secara virtual, Bogor, Jumat, 27 November 2020.

    Nantinya, 16 juta bibit akan diproduksi. Bibit-bibit tersebut akan didistribusikan ke lokasi atau wilayah yang sering mengalami bencana banjir dan tanah longsor.

    Pusat perbenihan akan dibangun di atas lahan 159,58 hektare. Lokasi ini akan dibagi menjadi zona perbenihan, zona kelola masyarakat, zona diklat, dan zona koridor pengembangan usaha.

    Pembangunan menjadi permulaan dan percontohan bagi pengembangan serupa di sejumlah lokasi. Seperti Danau Toba (Sumatra Utara), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), dan Likupang (Sulawesi Utara).

    Kepala Negara turut meninjau laboratorium kultur jaringan. Jokowi juga meninjau kebun pangkas, shading house, dan propagation house.

    Presiden ke-7 RI itu turut meninjau lokasi rencana pembangunan Pusat Perbenihan dan Riset Hutan Tropika Internasional. Jokowi didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan Hudoyo.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id