Waspadai Penularan Covid-19 Akibat Ventilasi Buruk

    Gervin Nathaniel Purba - 12 November 2020 11:03 WIB
    Waspadai Penularan Covid-19 Akibat Ventilasi Buruk
    Ruangan kantor harus memiliki ventilasi udara yang baik untuk mencegah penularan covid-19 (Foto:Shutterstock)
    Jakarta: Ventilasi udara yang buruk mempermudah penularan virus korona (covid-19). Virus tersebut diyakini dapat bertahan di udara dan dengan mudah menginfeksi orang di dalam ruangan.

    Menurut penelitan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, virus covid-19 paling cepat menyebar lewat aerosol. Risiko penularan diduga meningkat pada ruangan yang memiliki ventilasi buruk.

    Aerosol merupakan mikro droplet yang dikeluarkan orang yang terinfeksi virus korona ketika ia batuk, bersin, bicara, bahkan bernapas sekali pun. 

    Lalu, aerosol tersebut bisa melayang di udara dan terhirup melalui hidung atau mulut ketika sedang berdekatan dengan orang yang terinfeksi.

    Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengimbau setiap ruangan baik di rumah maupun perkantoran agar memiliki ventilasi udara yang baik. Ruangan dengan sirkulasi udara yang baik akan memudahkan pertukaran udara bersih.

    Jika menggunakan pendingin ruangan (AC), diharapkan bijak dalam mengatur jadwal pemakaian hanya pada jam tertentu. Terlebih, bila ruangan dilengkapi AC tanpa sirkulasi udara atau filter yang layak agar mengurangi potensi transmisi virus.

    Selain itu, kurangi risiko penularan virus dengan menghindari tempat ramai, sempit, dan tertutup. Ruangan sempit dan tertutup cenderung tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Bahkan, PBB telah memastikannya.

    "Kemunculan bukti-bukti transmisi udara virus korona di area ramai, tertutup, dan memiliki sirkulasi udara yang buruk tak dapat diabaikan," ujar petinggi PBB, Benedetta Allegranzi Allegranzi.

    Untuk mencegah penularan covid-19, pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.

    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id