Satgas: Jangan Sampai 8 Bulan Upaya Penanganan Covid-19 Sia-sia

    Cindy - 14 November 2020 21:26 WIB
    Satgas: Jangan Sampai 8 Bulan Upaya Penanganan Covid-19 Sia-sia
    Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito/Medcom.id/Theofilus Ifan
    Jakarta: Peningkatan zona merah covid-19 dari 19 menjadi 27 kabupaten/kota harus menjadi bahan evaluasi pimpinan daerah. Keterlibatan masyarakat juga wajib ditunjukkan melalui pengetatan protokol kesehatan.

    Kelengahan semua pihak bisa meruntuhkan usaha yang sudah berbulan-bulan dilakukan. "Jangan biarkan jerih payah kita selama delapan bulan baik, memperlihatkan penurunan tren kasus positif, kematian, serta peningkatan angka kesembuhan ini sirna begitu saja karena kelengahan kita," tegas juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers daring, Sabtu, 14 November 2020.

    Wiku mengingatkan 27 kabupaten/kota itu masuk kategori risiko tinggi penularan covid-19. Namun, wilayah dengan risiko penularan sedang maupun rendah tetap harus awas.

    Baca: Kasus Positif Covid-19 di Tanah Air Bertambah 5.272 dalam Sehari
     
    Menurut dia, peta zonasi covid-19 didominasi zona oranye dengan risiko penularan sedang. Setidaknya, 370 kabupaten/kota berada di zona oranye.

    Fakta itu harus menjadi perhatian serius. Zona oranye berpotensi sangat besar berubah menjadi zona merah.

    "Ini adalah jumlah yang sangat banyak dan ini menunjukkan bahwa beberapa daerah masih merasa nyaman dalam kondisi ini," ucap dia.

    Baca: Terlihat Sehat Belum Tentu Bebas Covid-19

    Selain itu, zona kuning dengan risiko penularan rendah masih terjadi di 97 kabupaten/kota. Kemudian, sembilan kabupaten/kota berkategori zona hijau dengan tidak adanya kasus baru. Sedangkan 11 kabupaten masuk kategori zona hijau dengan status tidak terdampak covid-19.

    Di sisi lain, Satgas juga memantau perubahan perilaku individu dalam sepekan terakhir. Warga di satu kabupaten/kota diketahui tidak patuh memakai masker.

    Sedangkan empat kabupaten/kota tak patuh menjaga jarak. Kemudian, 44 kabupaten/kota berkategori kurang patuh memakai masker dan 35 kabupaten/kota kurang patuh menjaga jarak.

    Menekan laju peningkatan covid harus menjadi tanggung jawab bersama. Masyarakat juga bisa berperan besar memberantas covid-19 dari Tanah Air. Salah satunya, disiplin menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

    Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.

    (OJE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id