5 Juta Masker Medis Didistribusikan ke 20 Kabupaten/Kota

    Achmad Zulfikar Fazli - 14 Oktober 2020 18:28 WIB
    5 Juta Masker Medis Didistribusikan ke 20 Kabupaten/Kota
    Kantor Staf Kepresidenan (KSP) bersama Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan produsen es krim Aice Group menggerakkan kampanye penggunaan masker medis di tengah pandemi covid-19. Dok. Istimewa
    Jakarta: Kantor Staf Kepresidenan (KSP) bersama Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan produsen es krim Aice Group menggerakkan kampanye penggunaan masker medis di tengah pandemi covid-19. Sebanyak 5 juta masker medis didistribusikan ke 20 kabupaten dan kota di Indonesia.

    Kegiatan ini akan mengombinasikan kebijakan pemerintah dengan keterlibatan lima kelompok pemangku kepentingan utama di masyarakat. Kolaborasi pentahelix dari pemerintah pusat dan daerah yang berbasis komunitas dengan menitikberatkan kepada peran dari tokoh masyarakat, akademisi, dan dukungan swasta, kemudian dikombinasikan dengan komunikasi publik lewat media massa akan mengefektifkan penanganan covid-19.

    "Pemerintah meyakini pendekatan Pentahelix yang melibatkan pemangku kepentingan dari lima pilar akan memunculkan gerakan yang alami dan efektif dalam mencegah penularan covid-19 di Indonesia. Kombinasi peran swasta yang dibarengi kearifan lokal dari komunitas dan sinergi dengan GP Ansor ini akan menjadi dorongan perbaikan pengelolaan pandemi ini," kata Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 14 Oktober 2020.

    Moeldoko menjelaskan Kantor Staf Kepresidenan selalu memantau perkembangan dari kampanye penggunaan masker tersebut. Gerakan 3M, yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak, akan terus digalakkan di tengah masyarakat untuk menekan laju penularan virus korona.

    “Kami di KSP akan selalu melakukan pengawasan di perkembangan gerakan 3M. Berbagai langkah untuk debottlenecking masalah di lapangan, evaluasi, maupun penyampaian logistik masker sebagai salah satu infrastruktur penting gerakan, akan kami jalankan. Kami harap kampanye GP Ansor dan Aice Group ini makin memperkuat kolaborasi pentalix kita bersama,” jelas Moeldoko.

    Baca: Waspada, Gejala Covid-19 Lansia Berbeda dengan Usia Produktif

    Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, mengajak semua pihak ikut mengampanyekan penerapan protokol kesehatan dengan 3M. Masyarakat harus menghindari dampak negatif penularan virus yang kian besar dalam beberapa waktu terakhir di Indonesia.

    "Kombinasi gerakan kultural yang masif dan riil di masyarakat disertai dengan dukungan logistik masker dari Aice Group ini kami maksudkan untuk memperbaiki kondisi pandemi di akar rumput masyarakat Indonesia,” jelas Yaqut.

    Pria yang akrab disapa Gus Yaqut itu mengapresiasi dukungan Aice terhadap gerakan bersama dalam penggunaan masker. "Mudah-mudahan kerja bareng ini akan dapat memperbaiki manajemen pandemi kita ini," ucap dia.

    Sementara itu, juru bicara Aice Group, Sylvana, menjelaskan kegiatan kampanye menggunakan masker ini sudah dilakukan bersama GP Ansor sejak awal pandemi pada April 2020. Aice Group mendistribusikan alat pelindung diri (APD) dan satu juta es krim untuk membangun kondisi kerja yang kondusif dan ceria bagi tenaga kesehatan di belasan rumah sakit penanganan covid-19 yang berada di Jabodetabek dan Rembang, Jawa Tengah.

    Sylvana mengatakan pihaknya juga memproduksi masker yang memiliki spesifikasi 3-ply dan mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Kesehatan. Masker dengan spesifikasi standar medis ini diproduksi agar efektif menghindari droplet dalam berbagai aktivitas masyarakat.

    "Kampanye 5 juta masker medis yang kami jalankan bersama berbagai elemen dari pentahelix ini menjadi lanjutan dedikasi kami melawan pandemi. Ada sekitar 15 juta masker lain yang kami distribusikan juga bersama 200 ribu UMKM kami melalui edukasi pencegahan covid-19 dan promosi," jelas Sylvana.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id