Pemerintah Pusat Diyakini Sudah Siapkan Antisipasi Varian Baru Virus Covid-19

    Sri Yanti Nainggolan - 03 Maret 2021 18:27 WIB
    Pemerintah Pusat Diyakini Sudah Siapkan Antisipasi Varian Baru Virus Covid-19
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mempercayakan pemerintah pusat dalam mengantisipasi munculnya varian covid-19 baru yang masuk ke Indonesia. Warga diminta tak panik dengan temuan ini.

    Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut semua pihak harus berhati-hati terhadap virus mutasi B117 UK tersebut. Virus itu diduga berasal dari penularan di bandara atau pelabuhan yang menjadi otoritas pemerintah.






    "Tentu kita percaya pemerintah pusat, apakah Pelindo atau Angkasa Pura, sudah menyediakan mekanisme aturan, SOP, dan strategi pencegahan di pintu pintu masuk," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 3 Maret 2021.

    Namun, dia memastikan Dinas Kesehatan DKI Jakarta akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk menekan penularan virus tersebut. Riza meminta masyarakat tak panik, sebab virus ini diyakini tak mematikan meski tingkat penularan lebih besar. 

    "Kami minta seluruh masyarakat warga Jakarta tenang dan terus melaksanakan protokol kesehatan," kata dia.

    Baca: Update Covid-19: 6.808 Kasus Baru, 9.053 Pasien Sembuh

    Sebelumnya, Kementerian Kesehatan menemukan mutasi covid-19 asal Inggris di Indonesia. Varian baru itu ditemukan di Tanah Air pada Senin, 1 Maret 2021.
     
    "Tepat dalam satu tahun (covid-19) kita menemukan B117 UK mutation. Ini fresh from the oven baru tadi malam ditemukan dua kasus," ujar Wakil Menteri Kesehatan Dante Harbuwono dalam acara bertajuk 'Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pascapandemi', secara virtual, Selasa, 2 Maret 2021.
     
    Dante menyebut temuan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap 462 spesimen dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini diyakini akan membuat penanganan pandemi covid-19 semakin sulit.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id