Pemerintah Bakal Percepat Pencairan Subsidi Sembako

    Nur Azizah - 07 April 2021 18:30 WIB
    Pemerintah Bakal Percepat Pencairan Subsidi Sembako
    Sejumlah petugas Pos Indonesia bersiap menyalurkan bantuan sosial tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu, 22 April 2020. Foto: Antara/Arif Firmansyah



    Jakarta: Pemerintah bakal mempercepat pencairan bantuan sosial (bansos) sembako. Bansos akan diberikan langsung untuk dua bulan pada Mei 2021. 

    "Pencairan sembako dari Juni ke awal Mei selama dua bulan," kata Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 7 April 2021.






    Bansos akan diberikan kepada 20 juta keluarga penerima manfaat. Masing-masing keluarga akan mendapatkan beras 10 kilogram. 

    "Selain itu, kami akan melakukan percepatan output Program Keluarga Harapan, Bantuan Langsung Tunai, dan Kartu Sembako," ujar Ketua Umum Partai Golkar itu. 

    Baca: Cegah Mudik, Rangkaian Kereta Dikurangi

    Airlangga mengatakan subsidi bansos beras akan disalurkan Perum Bulog. Dengan begitu, Bulog mendapatkan dana sekitar Rp2 triliun. 

    "Dari dana itu, Bulog bisa membeli gabah rakyat sebesar Rp440 ribu. Diharapkan produk domestik bruto (PDB) di kuartal kedua bisa tumbuh positif," tutur dia. 

    Guna mempertahankan konsumsi masyarakat menjelang Lebaran, pemerintah mendorong e-commerce menggelar hari belanja nasional dari H-10 Idulfitri 1442 Hijriah. Hal ini dikhususkan untuk produk dalam negeri.

    "Pemerintah akan menyubsidi ongkos kirim sehingga pemerintah menyiapkan Rp500 miliar," ujar Airlangga. 

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id