comscore

Jemaah Haji Indonesia Diimbau Tak Buang Puntung Rokok Sembarangan

Sobih AW Adnan - 02 Juli 2022 17:47 WIB
Jemaah Haji Indonesia Diimbau Tak Buang Puntung Rokok Sembarangan
Jemaah haji Indonesia berhamburan ke luar dari dalam Hotel Makarem Diyafah Nomor 509, Kawasan Misfalah, Makkah, Sabtu, 2 Juli 2022. DOK MCH 2022
Makkah: Kebakaran kecil sempat membuat panik jemaah calon haji (JCH) asal Jawa Barat. Asap mengepul di salah satu sudut tempat pembuangan sampah di Hotel Makarem Diyafah Nomor 509, Kawasan Misfalah, Makkah, Sabtu, 2 Juli 2022.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Mukhammad Khanif menyebut, asap bersumber dari tempat sampah yang terbakar karena ada puntung rokok yang belum dimatikan saat dibuang.
Baca: Keramahan Tim Kesehatan Haji Dipuji

Khanif mengimbau jemaah haji untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan. Khanif juga meminta agar jemaah memastikan sisa rokok yang dibuang sudah dimatikan.

"Bukan kebakaran hotel. Tepatnya ada tempat pembuangan sampah yang terbakar karena putung rokok. Sudah dipadamkan dan jemaah sudah beraktivitas sebagaimana biasa," terang Khanif di Makkah, Sabtu, 2 Juli 2022.

"Jemaah yang merokok, agar membuang sisa rokoknya di tempat sampah yang disediakan. Jangan lupa, pastikan bahwa puntung rokok itu sudah dimatikan. Terimakasih pada jemaah yang telah mematuhi aturan," sambungnya.

Menurut dia, kebersihan lingkungan seputar hotel harus dijaga bersama untuk kesehatan bersama. Puntung rokok yang dibuang sembarangan, apalagi dalam kondisi masih menyala, bisa saja menyebabkan sampah kertas atau bahan kering lainnya terbakar.

"Segala potensi yang bisa memantik nyala api harus diminimalisir, termasuk puntung rokok," pesannya.

Khanif juga meminta para petugas sektor untuk tidak bosan mengingatkan jemaah pentingnya membuang sisa rokok pada tempatnya dan dalam keadaan sudah dimatikan. Sehingga, potensi terjadinya sampah terbakar, bisa dihindari.

"Bisa saja, puntung rokok yang masih menyala, membakar kertas atau sampah lainnya. Ini bisa membesar dan memunculkan asap," terangnya.

"Jika itu terjadi, bisa membuat jemaah panik. Mari saling menjaga," tandasnya.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id