comscore

Ini Alasan Operasi Damai Cartenz Digelar di 5 Wilayah Papua

Siti Yona Hukmana - 19 Januari 2022 19:01 WIB
Ini Alasan Operasi Damai Cartenz Digelar di 5 Wilayah Papua
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri. Foto: Medcom/Yona
Jakarta: Polri menggelar Operasi Damai Cartenz untuk menumpas keberadaan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Operasi itu dilakukan di lima wilayah Papua. 

"Wilayah Operasi Damai Cartenz di lima Polres. Wilayahnya, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Nduga, Kabupaten Intan Jaya, dan Kabupaten Puncak Ilaga," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Januari 2021. 
Ramadhan mengatakan lima wilayah tersebut merupakan tempat yang kerap terjadi kekerasan oleh KKB. Hal itu diketahui dari data statistik Polri. 

Meski bertujuan menumpas keberadaan KKB, Operasi Damai Cartenz yang dulunya bernama Operasi Nemangkawi akan mengedepakan fungsi pembinaan masyarakat (binmas), intel dan humas. Fungsi itu nantinya didukung Satuan Tugas (Satgas) Penegakan Hukum (Gakkum). 

Baca: Operasi Damai Cartenz Diyakini Bakal Membuat KKB Keluar dari Persembuyian

"Kenapa? bila terjadi kriminalitas atau gangguan keamanan yang dilakukan oleh KKB, maka Satgas Gakkum ini akan turun untuk melakukan Gakkum. Namun, yang dikedepankan adalah pola-pola persuasif dan preemtif," ungkap jenderal bintang satu itu. 

Operasi Damai Cartenz telah berlangsung sejak Senin, 17 Januari sampai 31 Desember 2022. Ada sebanyak 1.925 personel terlibat dalam operasi tersebut. 
 
Rinciannya, 1.824 anggota Polri dan 101 orang anggota TNI. Sebanyak 1.824 anggota Polri itu terdiri dari 528 personel Polda Papua dan 1.296 personel Mabes Polri.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id