comscore

Survei LPI: Kinerja Kepala BIN Terbaik

Juven Martua Sitompul - 20 Desember 2021 21:12 WIB
Survei LPI: Kinerja Kepala BIN Terbaik
Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan/Istimewa
Jakarta: Kinerja Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Budi Gunawan unggul dari hasil survei nasional Lembaga Pemilih Indonesia (LPI). Budi berada di urutan pertama berdasarkan tiga indikator, yaitu responsiveness, leadership, dan regulasi (kebijakan).

Berdasarkan indikator responsiveness, Budi dinilai sosok yang paling responsif terhadap informasi dalam merespons segala situasi, tantangan, ancaman, dan hambatan. Baik dalam dimensi kelembagaan, kenegaraan maupun kebangsaan.

 



"Untuk variabel itu, sosok Kepala BIN Budi Gunawan berada di rating pertama, dengan skor 2,47 persen dari 46 menteri dan pimpinan lembaga negara," kata Direktur LPI Boni Hargens melalui keterangan tertulis, Jakarta, Senin, 20 Desember 2021.

Boni menyebut mayoritas responden menilai Budi sosok dengan kinerja sangat baik termasuk dalam konteks penanganan pandemi covid-19 berikut efek penyertanya. Dari analisis deskriptif, mayoritas kalangan kelas menengah intelektual menilai figur Budi merupakan sosok yang mumpuni dalam melakukan koordinasi dan komunikasi terhadap single user-nya, yaitu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Hal itu terlihat dari skor 2,38 persen responden yang menempatkan Budi sebagai figur yang terbaik untuk variabel koordinasi," kata dia.

Begitu juga untuk indikator leadership, kata Boni, kompetensi Budi dinilai sangat baik dalam menjalani mandatnya sebagai pimpinan lembaga telik sandi dengan skor 2,39 persen. Budi juga unggul dalam kategori koordinasi kebijakan terbaik dalam penguatan kinerja dengan skor 2,36 persen.

Secara kumulatif, kinerja Budi mencapai skor 2,382 persen dari ketiga indikator penilaian. Budi berada di rating pertama dari 10 menteri dan pimpinan lembaga negara terbaik.
 
Secara umum kalangan kelas menengah intelektual yang menilai kinerja Budi sangat baik sebesar 60 persen. Budi dinilai sosok yang mumpuni dalam merespons situasi, kompeten dalam aspek kepemimpinan, dan tepat dalam kebijakan.

"Dukungan itu tentu saja menjadi penting untuk membuat sejumlah rumusan kebijakan yang akan ditempuh oleh negara, baik dalam menghadapi covid-19 berikut efek penyertanya sekaligus fase setelahnya," kata Boni.

Baca: Waspada Varian Omicron, BIN Jakarta Ajak Warga Vaksin dan Mematuhi Prokes

Sementara itu, kalangan kelas menengah menilai Budi mempunyai pemahaman responsif cukup baik terhadap ruang lingkup tugasnya dalam menangani ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan. Aspek lain yang cukup menonjol, yaitu kepemimpinan utamanya dari unsur kompetensi, koordinasi, dan indikator kebijakan.

"Peran institusi BIN dalam penanganan pandemi covid-19 juga mendapat penilaian cukup baik," kata Boni.

Survei bertajuk 'Pandangan Kelas Menengah Intelektual Terhadap Kepemimpinan dan Kinerja Kabinet Indonesia Maju dan Para Pimpinan Lembaga Negara Tahun 2021' digelar pada 25 November hingga 15 Desember 2021, dengan responden sebanyak 400 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Populasi responden adalah kalangan kelas menengah intelektual seperti dosen, pakar, peneliti, aktivis LSM/NGO, seniman/budayawan.

Metode pengambilan sample dalam survei ini menggunakan snowball sampling, di mana subjek yang ditunjuk menjadi sampel memberikan banyak referensi atau sumber mengenai subjek-subjek lain yang mempunyai kesamaan atau kemiripan. Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar 5 persen pada tingkat kepercayaan kurang lebih 95 persen.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id