Kesaksian Korban Kebakaran Taman Sari

    Fachri Audhia Hafiez - 06 Oktober 2019 19:02 WIB
    Kesaksian Korban Kebakaran Taman Sari
    Permukiman di di Jalan Kebon Jeruk XI, Kelurahan Maphar, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, terbakar. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
    Jakarta: Siti Aisyah, 43, masih tak percaya rumahnya habis dilalap api dalam hitungan menit. Rumahnya yang berlokasi di RT03 RW 07 Kelurahan Maphar, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat menjadi salah satu yang terdampak kebakaran.

    Sekitar pukul 11.30 WIB, Aisyah yang tengah mencuci baju dikejutkan dengan teriakan 'kebakaran' dari belakang rumah. Ia langsung berlari menemui suami dan kedua anaknya.

    "Saya langsung bangunin suami saya, dan cari anak-anak," kata Aisyah kepada Medcom.id di lokasi, Minggu, 6 Oktober 2019.

    Dalam pikiran Aisyah hanya tebersit bagaimana menyelamatkan suaminya yang menderita stroke. Beruntung, warga sekitar juga membantu proses evakuasi suaminya. "Sekarang saya diungsikan ke rumah saudara di Kalimalang," ujar Aisyah.

    Aisyah menyaksikan betul kebakaran yang berasal dari belakang rumah. Kobaran api langsung meluas lantaran dipengaruhi hembusan angin.

    Sumber api diduga dari gas elpiji yang berada di sebuah warung. Api menjalar ke sisi seberang yang sudah memasuki Kelurahan Taman Sari.

    "Api kayanya besar dan menyambar sebelah (Kelurahan Taman Sari) padahal dipisahkan sama kali (sungai) itu," ujar Aisyah.

    Aisyah hanya mampu membawa surat-surat berharga. Kini, ia bingung mencari tempat mengungsi. Ia juga mengharapkan bantuan dari pemerintah setempat dan uluran tangan relawan. "Tadi baru didata saja dari orang-orang sini yang jadi korban," ujar Aisyah.

    Ratusan orang menjadi korban kebakaran yang melanda dua kelurahan, yakni Taman Sari dan Maphar, Jakarta Barat. Sebanyak 18 rumah hangus terbakar.

    Kebakaran terjadi sekitar pukul 11.25 WIB. Api menghanguskan bangunan yang mayoritas berupa indekos, kontrakan, dan rumah semi permanen.

    Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin PKP) Jakarta Barat sudah bisa memadamkan api. Proses pemadaman masuk tahap pendinginan.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id