Menhub Minta Maskapai Setop Penerbangan ke Wuhan

    Annisa ayu artanti - 25 Januari 2020 06:09 WIB
    Menhub Minta Maskapai Setop Penerbangan ke Wuhan
    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto ; Medcom/Desi Angriani
    Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada seluruh maskpai untuk sementara waktu menutup penerbangan rute Wuhan, Tiongkok. Permintaan ini guna mengantisipasi penyebaran wabah virus korona.

    "Kita minta beberapa penerbangan untuk tidak terbang ke Wuhan karena ada beberapa, ada Lion, Citilink (yang terbang ke Wuhan). Sementara ini kita menutup penerbangan ke sana," kata Budi, seperti dilansir Antara, Jumat, 25 Januari 2020.

    Meski tidak ada peringatan perjalanan (travel warning) resmi atas kejadian tersebut, Budi menyebut, secara langsung pemerintah telah menyampaikan penutupan rute Wuhan kepada maskapai. "Secara langsung kita sudah sampaikan ke operator," ujarnya

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melaksanakan pengawasan ketat berkenaan dengan kedatangan orang dan barang dari luar negeri guna mencegah penularan virus corona baru yang telah menimbulkan wabah di Kota Wuhan, Tiongkok.

    Jokowi juga mengatakan bahwa hingga Jumat siang, belum ada warga negara Indonesia yang dijangkiti virus corona. Virus corona saat ini penyebarannya menimbulkan keprihatinan global karena telah menyebabkan 830 orang terinfeksi dan 26 orang meninggal dunia.

    Pemerintah sebelumnya juga telah menyiapkan ratusan thermoscanner di pintu keluar masuk Indonesia. Thermoscanner demi mencegah mewabahnya virus korona asal Wuhan, Tiongkok.
     
    "135 pintu negara baik udara, laut, maupun darat yang jaga petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes Anung Sugihantono dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet, Rabu, 22 Januari 2020.
     
    Thermoscanner dapat mendeteksi awal suhu tubuh manusia di atas 38 derajat celsius. Nantinya, seseorang yang bersuhu di atas 38 derajat akan terlihat berwarna merah di thermoscanner.





    (DMR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id