PT Kereta Api Indonesia

    Nyaman Naik Kereta Api dengan si Kecil

    M Studio - 23 Juli 2019 16:01 WIB
    Nyaman Naik Kereta Api dengan si Kecil
    KAI secara bertahap melengkapi fasilitas dengan pelayanan ramah anak, yaitu ruang menyusui dan area bermain anak yang tersedia di stasiun-stasiun (Foto:Dok)
    Jakarta: Saat ini antusiasme masyarakat bepergian menggunakan kereta api semakin tinggi. Banyak pertimbangan sehingga masyarakat lebih memilih kereta api sebagai moda transportasi untuk jalan-jalan.

    Salah satu alasannya, saat ini mudah memesan tiket kereta api di mana pun dan kapan pun. Hanya bermodalkan smartphone, lalu buka aplikasi resmi milik PT Kereta Api Indonesia (persero) yaitu KAI Access, dan pesan tiket.
     
    Bisa juga pemesanan tiket melalui kanal penjualan online (daring) tiket kereta api yang bekerja sama dengan KAI. Praktis. Tidak perlu repot pergi ke stasiun dan mengantre untuk memesan tiket kereta api.
     
    Terdapat fitur tambahan e-boarding pass bila Anda melakukan pembelian tiket via KAI Access. Anda hanya perlu menunjukkan barcode kepada petugas untuk dipindai saat boarding. Hal tersebut juga menambah kepraktisan dan memangkas waktu karena tidak perlu mencari mesin cetak tiket mandiri (CTM) di stasiun.

    “Tidak hanya kemudahan pembelian tiket, KAI saat ini terus menambah berbagai fasilitas guna meningkatkan kualitas layanan kepada penumpang. KAI secara bertahap terus melengkapi fasilitasnya dengan pelayanan ramah anak. Layanan tersebut antara lain ruang menyusui dan area bermain anak yang tersedia di stasiun-stasiun. Kini terdapat 116 ruang menyusui dan 18 fasilitas bermain anak di sejumlah stasiun yang tersebar sepanjang Pulau Jawa dan Sumatera,” ujar Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro.

    Fasilitas ruang menyusui bagi ibu yang sedang membawa bayi/balita saat akan melakukan perjalanan dengan kereta api dirasa penting keberadaannya di stasiun. 

    Penyediaan ruangan ini memberikan privasi bagi ibu saat menyusui. Hal ini juga sebagai bentuk dukungan KAI bagi para ibu untuk dapat menyusui bayi secara eksklusif sehingga mampu meningkatkan kesehatan dan kecerdasannya. Setiap anak-anak berhak memperoleh ASI di mana pun dan kapan pun. 

    KAI menyediakan ruang menyusui dengan berbagai fasilitas, yaitu sofa, kulkas, dan wastafel. Ruangan tersebut dilengkapi dengan pendingin udara (AC) yang suhunya diatur untuk memberikan udara yang sejuk bagi bayi/balita agar lebih nyaman. 

    Stasiun yang sudah dilengkapi fasilitas ruang menyusui yakni Stasiun Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun Cirebon, Stasiun Tegal, Stasiun Purwokerto, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Madiun, Stasiun Jember, Stasiun Medan, Stasiun Padang, Stasiun Kertapati, dan Stasiun Tanjung Karang.

    Begitu pun ruang bermain anak yang tersedia di beberapa stasiun, terutama stasiun besar. Pengguna kereta api dapat memanfaatkan ruang bermain anak saat menunggu kedatangan kereta sehingga anak-anak tetap nyaman saat menunggu keberangkatan. 

    Nyaman Naik Kereta Api dengan si Kecil


    Area Bermain


    Keberadaan area bermain anak di stasiun merupakan salah satu upaya KAI mewujudkan kenyamanan lebih bagi penumpang, khususnya anak-anak. Hal ini sebagai bentuk sumbangsih KAI dalam menciptakan lingkungan layanan publik yang senantiasa ramah bagi anak-anak agar mereka selalu gembira. 

    Itu sesuai dengan slogan Hari Anak Nasional pada tahun ini yang telah ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yaitu Kita Anak Indonesia, Kita Gembira.

    Keberadaan fasilitas tersebut pun membuat anak dapat beralih dari gadget selama menunggu waktu keberangkatan kereta api dan memilih untuk bergerak lebih aktif bermain di area khusus itu. Saat bermain, anak-anak juga dapat mengembangkan kemampuan sosial.

    Anak-anak saling berinteraksi dengan sesamanya di stasiun. Fasilitas bermain anak tersedia di berbagai stasiun, seperti Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Cirebon, Stasiun Bandung, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Madiun, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Malang, Stasiun Jember, Stasiun Surabaya Gubeng, dan Stasiun Kertapati.

    Secara bertahap, layanan serupa diharapkan dapat hadir di stasiun-stasiun lain. “KAI juga senantiasa mengutamakan keselamatan dan kenyamanan para penumpangnya, termasuk anak-anak. Hal ini salah satunya terwujud dengan penerapan aturan tiket Rp0 bagi penumpang anak usia 0-3 tahun yang dipangku orangtua atau tidak membeli seat. Tiket tersebut dapat diminta kepada petugas loket sebelum boarding dengan menunjukkan boarding pass orangtua. Selain itu, untuk menunjukkan bahwa anak tersebut berusia kurang dari 3 tahun, orangtua juga diharapkan membawa kartu keluarga sebagai identitas anak,” ujar Edi.

    Di beberapa stasiun pun, seperti Surabaya Gubeng dan Gambir sebagai bentuk apresiasi kepada penumpang anak, KAI menyediakan hiburan, seperti superhero cosplayer dan tokoh kartun yang familier dengan anak-anak. KAI juga kerap dijadikan media pembelajaran bagi anak-anak mengenai pengenalan moda transportasi massal dan pelayanan publik. 

    KAI memberikan pembelajaran dan informasi kepada anak-anak, mulai taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas agar lebih mengenal dan memahami dunia perkeretaapian. KAI juga mengunjungi sekolah-sekolah di sekitar lingkungan operasional dan memberikan sosialisasi keselamatan perjalanan. 

    KAI memberikan pengetahuan dan wawasan terkait dengan bahaya vandalisme, seperti pelemparan dan perusakan fasilitas kereta api, dan bahaya jika bermain atau beraktivitas di sekitar rel. Hal ini dilakukan demi keselamatan perjalanan kereta api dan keselamatan anak-anak.

    Selain itu, KAI ikut memeriahkan Hari Anak Nasional Tahun 2019 ini dengan menyelenggarakan lomba menggambar dan mewarnai yang dilaksanakan di beberapa stasiun seperti Stasiun Cirebon, Madiun, dan tempat lainnya.

    “Secara bertahap, KAI akan terus berupaya menghadirkan layanan yang menjawab kebutuhan penumpangnya, termasuk penumpang anak-anak. Kami tentu berharap kereta api menjadi transportasi massal yang melekat di hati anak-anak dan dicintai hingga mereka bertumbuh dewasa. Dengan demikian, mereka memiliki kenangan perjalanan yang menyenangkan bersama kereta api. Selamat Hari Anak Nasional! Semoga anak-anak Indonesia bertumbuh dan berkembang menjadi anak-anak kebanggaan keluarga dan bangsa Indonesia,” kata Edi. 



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id