Ekonomi Masyarakat Terdampak Becana Perlu Dipulihkan

    Ilham Pratama Putra - 11 Desember 2019 13:43 WIB
    Ekonomi Masyarakat Terdampak Becana Perlu Dipulihkan
    Sekretaris Utama BNPB Harmensyah. Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
    Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut pemulihan bencana tak cuma perihal membangun rumah korban gempa saja. Pemerintah juga memulihkan perekonomian masyarakat.

    "Termasuk kehidupan. Artinya permukiman, juga mata pencarian di bidang sosial ekonomi," kata Sekretaris Utama BNPB Harmensyah di Hotel Millenium, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu, 11 Desember 2019.

    Bencana, kata Harmensyah, tak cuma menghancurkan kawasan permukiman. Bencana juga menghancurkan toko dan pasar yang menopang perekonomian sebuah daerah. Tak jarang banyak masyarakat yang kesulitan bertahan setelah bencana karena sektor ekonomi tak kunjung pulih.

    "Masyarakat terdampak bencana ekonominya pasti hancur dan turun, malah di bawah titik nadir. Yang miskin tambah miskin, yang kaya jadi miskin itu bukti yang ada di lapangan," jelas dia.

    BNPB pun fokus menangani lima sektor dalam penanggulangan bencana. Sektor tersebut harus terintegrasi demi kelangsungan hidup masyarakat pascabencana.

    "Sektor yang harus kita kendalikan (seperti) permukiman, infrastruktur, ekonomi produktif, sosial-budaya masyarakat, dan mungkin lintas sektor sebagai pendukung apa-apa yang kurang di sektor lain," ujarnya.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id