Kunjungan Lapas Diganti Jadi Video Call

    Candra Yuri Nuralam - 19 Maret 2020 09:49 WIB
    Kunjungan Lapas Diganti Jadi <i>Video Call</i>
    Ilustrasi Lapas. MI/Susanto
    Jakarta: Kunjungan terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) ditiadakan sampai 1 April 2020. Kebijakan diambil untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19).

    "Gantinya dengan video call sebagai solusi pelayanan hak kunjungan WBP. Jangan karena isu korona, pembatasan kunjungan tanpa solusi. Pastikan kondisi kondusif karena sudah banyak yang terjangkit," kata Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Yunaedi, di Jakarta, Kamis, 19 Maret 2020.

    Yunaedi mengungkapkan pihaknya sudah membuat skema kunjungan warga binaan Lapas dengan video call. Dia memastikan seluruh biaya telepon video itu gratis.

    "Jangan ada isu harus bayar. Buat batasan waktunya, maksimal berapa lama per orang. Sosialisasikan ke dalam. Petugas harus banyak komunikasi," ujar Yunaedi.

    (Baca: KPK Tutup Kunjungan Tahanan Hingga 31 Maret)

    Petugas lapas diminta memenuhi hak seluruh warga binaan. Dia tidak mau mendengar ada warga binaan tidak mendapat jatah telepon.

    "Ini tanggung jawab bersama, jangan ada ego sektoral. Tampung keluhan WBP (warga binaan pemasyarakatan). Jangan sampai berdampak buruk dan liar karena tidak direspons," ujar Yunaedi.

    Yunaedi menyebut kebijakan ini berlaku untuk seluruh Lapas di Indonesia. Kebijakan mengacu arahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pemerintah daerah.

    Pemerintah mengampanyekan gerakan sosial distancing atau jarak sosial. Masyarakat diminta bekerja, belajar, dan ibadah di rumah. Cara ini dinilai efektif mencegah penyebaran virus korona.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id