Langkah Jokowi Tangani Korona

    Renatha Swasty - 21 Maret 2020 09:55 WIB
    Langkah Jokowi Tangani Korona
    Presiden Joko Widodo. Medcom.id
    Jakarta: Presiden Joko Widodo tak tinggal diam dengan kasus virus korona (covid-19) yang terus meningkat di Tanah Air. Jokowi memutuskan melaksanakan sejumlah langkah cepat untuk menekan persebaran virus korona.

    Jokowi mula-mula memerintahkan masyarakat melaksanakan kerja dari rumah (work from home) dan jaga jarak sosial (social distancing). Cara ini dianggap ampuh menekan persebaran virus korona.

    Namun, dua hal itu belum cukup. Jokowi memutuskan menggelar rapid test (tes cepat) virus korona. Ini dibarengi dengan langkah lanjutan untuk menangani pasien-pasien yang sudah positif terjangkit virus korona.

    Berikut Langkah-langkah Jokowi Menekan Penyebaran Virus Korona:

    1. Rapid Test

    Jokowi memerintahkan melaksanakan rapid test virus korona. Eks Gubernur DKI Jakarta itu memerintahkan tes difokuskan pada wilayah rawan.

    "Kita memprioritaskan dari hasil pemetaan indikasi daerah paling rawan di Jakarta Selatan", kata Jokowi dalam konferensi pers, Jumat, 20 Maret 2020.

    Rapid test menyasar orang-orang dari hasil tracing yang kontak dengan pasien positif korona. Sebanyak 520 alat tes digunakan mulai Jumat, 20 Maret 2020.

    Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, Muhammad Helmi, mengungkapkan  salah satu lokasi yang dijadikan tempat rapid test yakni di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan.

    (Bac: Rapid Test Mulai Dilakukan di Jaksel)


    2. Bagikan Obat untuk Pasien

    Pemerintah bakal membagikan Avigan dan Chloroquine. Kedua obat ini dianggap ampuh mengatasi korona dan sudah dipakai di Tiongkok.

    "Pemerintah telah menyiapkan obat dari hasil riset dan pengalaman beberapa negara untuk bisa mengobati covid-19 ini sesuai resep dokter," kata Jokowi.

    Obat bakal dibawa dokter keliling dari rumah ke rumah. Obat akan diberikan ke rumah sakit dan puskesmas, lalu dsebar ke pasien yang tengah mengisolasi diri.
     

    3. Jutaan Obat Dipesan

    Pemerintah Indonesia telah memesan dua juta obat Avigan untuk mengobati penderita korona. Pemerintah juga memesan tiga juta Chloroquine.
     
    "(Saat ini) kita telah mendatangkan 5.000 avigan," kata Jokowi.
     
    Avigan merupakan obat favipiravir (sejenis obat flu) yang dikembangkan Fujifilm Toyama Chemical. Sedangkan Chloroquine merupakan obat antimalaria.

    Kedua obat ini dianggap ampuh mengatasi covid-19 dan sudah dipakai di Tiongkok. Kedua obat ini juga yang menjadi komponen antivirus yang dipakai negara tirai bambu itu.

    (Baca: Indonesia Pesan Jutaan Chloroquine dan Avigan untuk Pasien Korona)
     

    4. Wisma Atlet Siap Dipakai

    Wisma atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, bakal digunakan sebagai rumah sakit darurat penanganan virus korona. Wisma Atlet disebut bisa menampung hingga 15 ribu pasien.
     
    "Wisma Atlet Kemayoran siap dijadikan rumah sakit darurat covid-19 dan sebagai rumah isolasi pada nanti, Sabtu (21 Maret) malam," kata Jokowi.
     
    Jokowi juga memerintahkan seluruh kementerian, lembaga, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meminjamkan bangunan pusat pendidikan dan latihan (pusdiklat) mereka sebagai lokasi isolasi. Ini menjadi opsi terakhir bila rumah sakit rujukan tidak mampu menangani lonjakan pasien.

    (Baca: Wisma Atlet Digunakan Pasien Korona Mulai Besok)
     

    5. Rumah Sakit di Pulau Galang Segera Dipakai

    Jokowi menjelaskan pembangunan rumah sakit khusus korona di Pulau Galang, Kepulauan Riau, diproyeksikan rampung Sabtu, 21 Maret 2020. Rumah sakit akan dilengkapi ruang observasi yang bisa menampung 500 tempat tidur.

    Ruang observasi berbentuk seperti barak. Satu barak terdiri dari enam hingga delapan tempat tidur.
     
    Selain ruang observasi, terdapat juga ruang isolasi yang dibangun untuk sekitar 50 orang. Rinciannya, 30 kamar Intensive Care Unit (ICU) untuk perawatan lebih intensif dan 20 kamar non ICU. Kepala Negara menjamin seluruh peralatan sesuai standar yang berlaku.

    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id