19.500 Spesimen Orang Terpapar Covid-19 Dites PCR

    Nur Azizah - 10 April 2020 16:15 WIB
    19.500 Spesimen Orang Terpapar Covid-19 Dites PCR
    Ilustrasi tes virus korona (covid-19). Medcom.id
    Jakarta: Sebanyak 19.500 spesimen orang terpapar virus korona telah diperiksa menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR). Ini merupakan pemeriksaan lanjutan untuk mendiagnosa sampel pasien secara langsung (real time).

    "Dari 19.500 orang yang kita periksa untuk pemeriksaan berbasis pada molekul dengan menggunakan real time PCR," kata Juru bicara pemerintah untuk penanganan korona Achmad Yurianto, Jakarta Timur, Jumat, 10 April 2020.

    Untuk meningkatkan pemeriksaan melalui PCR maupun Bessel 3, pemerintah memberikan bantuan Rp14 miliar untuk lembaga riset Eijkman Institute for Molecular Biology. Kementerian Kesehatan dan lembaga riset lainnya diminta meningkatkan kemampuan rapid test atau tes cepat.

    Baca: Beberapa Cara untuk Mengurangi Stres di Tengah Covid-19

    Yurianto menjelaskan tes PCR untuk menegakkan diagnosa. Namun tes ini tidak menggunakan mekanisme prosedur untuk mendeteksi gangguan kesehatan (screening).

    Tahapan screening mendalam hanya saat rapid test. Tes CPR juga dilakukan dengan melakukan penelusuran kontak (contact tracing) dan analisis risiko kontak.

    Metode PCR ini membantu mendeteksi orang lain yang melakukan kontak dengan pasien positif covid-19. Tes PCR hanya dilakukan jika hasil rapid test pasien menunjukkan diagnosa positif covid-19 atau ada peningkatan keluhan klinis dari pasien.

    "Karena PCR tidak kita lakukan dengan metode acak, tetapi terpilih dan terstruktur dimulai dari awal," ujar Yuri.

    Baca: Pasien Positif Korona 3.512, Sembuh 282

    Hingga sore ini, total pasien positif korona mencapai 3.512 orang. Adapun jumlah pasien sembuh bertambah 30 orang, menjadi 282. Sedangkan pasien meninggal bertambah 26 orang. Total kasus meninggal menjadi 306 kasus.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id