Satgas Covid-19: Protokol Kesehatan 'Vaksin' Terbaik

    Achmad Zulfikar Fazli - 08 Oktober 2020 15:56 WIB
    Satgas Covid-19: Protokol Kesehatan 'Vaksin' Terbaik
    Kepala BNPB Doni Monardo. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
    Gorontalo: Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mendorong masyarakat mengubah perilaku dan menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, sebagai bentuk pencegahan. Pasalnya, mematuhi protokol kesehatan saat ini merupakan 'vaksin' terbaik yang dapat dilakukan masyarakat,

    “Selama belum ada vaksin maupun obat, mematuhi protokol kesehatan adalah vaksin terbaik sebagai upaya pencegahan penularan covid-19,” tegas Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dilansir dari laman Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis, 8 Oktober 2020.

    Doni mendorong pemerintah provinsi, khususnya di Gorontalo, lebih gencar meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan. Salah satunya lewat kearifan lokal dan peran tokoh masyarakat.

    “Kita gunakan media-media yang ramah digunakan oleh masyarakat, misalnya sosialisasi melalui media sosial, televisi, pemberitaan media online, penggunaan poster, dan sebagainya sesuai dengan bahasa lokal yang mampu dipahami oleh masyarakat setempat,” ujar Doni.

    Baca: Erick Thohir: Vaksin Tak Hentikan Protokol Covid-19

    Menurut dia, penguatan literasi masyarakat tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah. Sehingga, perlu adanya keterlibatan tokoh masyarakat. Dia pun menyakini suara dari tokoh masyarakat dapat lebih didengar dan diterima dengan baik oleh masyarakat di daerah.

    “Pemerintah pusat maupun daerah serta masyarakat tidak bisa bergerak sendiri-sendiri, kita harus bergerak bersama. Pemerintah daerah setempat dapat bekerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat yang dipercaya dan dihargai oleh masyarakat setempat sehingga pemahaman tentang penerapan protokol kesehatan dapat diterima dengan baik,” tuturnya.

    Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengapresiasi kinerja Satgas Penanganan Covid-19 yang selalu responsif dan cepat tanggap dalam mendukung penanganan virus korona di Gorontalo. Kesungguhan Satgas Penanganan Covid-19 menjadi motivasi dan semangat Pemprov Gorontalo beserta perangkat daerah di bawahnya dalam bersinergi menangani covid-19.

    Satgas Penanganan Covid-19 baru-baru ini mengampanyekan #ingatpesanibu. Pemerintah berharap kampanye ingat pesan ibu efektif mengajak masyarakat disiplin menerapkan 3M.
     
    Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id