Bio Farma: Vaksin Covid-19 Sinovac Sudah Bisa Digunakan

    Faustinus Nua - 12 Januari 2021 05:36 WIB
    Bio Farma: Vaksin Covid-19 Sinovac Sudah Bisa Digunakan
    Seorang staf Bio Farma memegang ampul berisi vaksin covid-19. ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi
    Jakarta: Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, mengatakan Indonesia sudah bisa menggunakan vaksin covid-19 bernama CoronaVac yang diproduksi Sinovac dari Tiongkok. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin guna darurat atau emergency use authorization (EUA) pada, Senin, 11 Jakarta 2021.

    Dia mengatakan Bio Farma akan terus mendistribusikan vaksin CoronaVac untuk tenaga kesehatan yang tersebar di 34 provinsi. Hingga 11 Januari 2021, 1.060.440 dosis CoronaVac telah disebarkan.

    "Sampai dengan hari ini, vaksin covid-19 sudah tiba di dinas kesehatan provinsi, untuk selanjutnya diberikan kepada tenaga kesehatan sesuai kebutuhan," kata Honesti melalui keterangan tertulis, Senin, 11 Jakarta 2021.

    Dia mengapresiasi BPOM yang telah mengawasi dan mendampingi uji klinis fase 3 vaksin di Bandung. Termasuk saat persiapan fasilitas produksi fill and finish vaksin Covid-19 di Bio Farma.

    Baca: BPOM Keluarkan Izin Darurat Vaksin Sinovac

    Honesti juga menyebut LPPOM MUI telah mengaudit kesiapan Bio Farma dalam mendistribusikan dan memproduksi fill and finish vaksin covid-19 yang sesuai dengan kaidah syariah Islam. Fatwa halal vaksin juga telah dikeluarkan.

    “Aspek kehalalan merupakan hal yang sangat penting di Indonesia, mengingat mayoritas masyarakat Indonesia beragama muslim," ucap Honesti.

    Baca: Besok, Indonesia Terima Lagi 15 Juta Bahan Baku Vaksin Sinovac

    Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut 15 juta dosis bahan baku vaksin covid-19 dari Sinovac datang pada Selasa, 12 Januari 2021. Bio Farma bakal mengolah bahan baku yang datang menjadi vaksin covid-19 untuk langsung didistribusikan.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id