Menkominfo Tegaskan Switch Off TV Analog Menyesuaikan Kesiapan Infrastruktur

    Anggi Tondi Martaon - 16 November 2021 12:16 WIB
    Menkominfo Tegaskan <i>Switch Off</i> TV Analog Menyesuaikan Kesiapan Infrastruktur
    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Platte. Medcom.id/Anggi Tondi Martaon



    Jakarta: Pengalihan televisi analog ke digital mempertimbangkan kesiapan infrastruktur. Pengalihan mesti selesai sesuai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Ciptaker).

    "Dapat kami sampaikan tiga tahapan ASO (analog switch off) itu selalu kami sesuaikan dengan kesiapan dengan prasyarat 2 November 2022 adalah batas akhir," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Platte dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi I di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 16 November 2021.

     



    Komitmen pertimbangan kesiapan sudah diterapkan melalui perubahan jadwal ASO yang dilakukan pemerintah. Perubahan jadwal tertuang dalam Peraturan Menkominfo Nomor 11 Tahun 2021.

    Awalnya, tahap ASO dilakukan dalam lima tahap yang dimulai pada Agustus 2021. Namun, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) merampingkan tahapan ASO menjadi tiga tahap yang dimulai pada 31 April 2022.

    Setidaknya ada tiga persiapan yang dilihat Kemenkominfo sebelum melakukan ASO. Pertama, kesiapan infrastruktur televisi digital Lembaga Penyiaran Pemerintah (LPP), Lembaga Penyiaran Swasta (LPS), Lembaga Penyiaran Lokal (LPL), Lembaga Penyiaran Komunitas (LPK), dan lain sebagainya.

    Kedua, kesiapan peralatan perangkat digital studio dan sumber daya manusia (SDM). Sehingga, tidak ada kendala dalam memberikan siaran kepada publik.

    "Jadi selain infrastruktur perlu juga diperhatikan persiapan perangkat di studio dan kesiapan SDM masing-masing," ungkap dia.

    Terakhir, ketersediaan perangkat digital atau set top box (STB). Dia menyampaikan pemerintah telah mengatur kesiapan pengadaan STB dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran.

    Dia menegaskan persiapan seluruh infrastruktur tersebut harus selesai dua bulan sebelum tahapan ASO. Ketentuan tersebut dibuat agar tidak ada kendala peralihan siaran analog ke digital.

    "Kalau tahap kedua 25 Agustus 2022, jadi dua bulan sebelumnya infrastrukturnya harus siap agar memudahkan pelaksanaan analog switch off," ujar dia.

    Baca: Menkominfo Perkuat Regulasi Industri Pertelevisian
     

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id