Kemenkumham: Hanya WNA Bersyarat yang Diizinkan Masuk ke Indonesia

    MetroTV - 24 Juli 2021 14:01 WIB
    Kemenkumham: Hanya WNA Bersyarat yang Diizinkan Masuk ke Indonesia
    Ilustrasi. Foto: Dok/Medcom.id



    Banten: Kementerian Hukum dan HAM telah resmi memberlakukan kebijakan hanya untuk warga negara asing (WNA) bersyarat yang diizinkan masuk ke wilayah Indonesia. Kebijakan ini diberlakukan mulai Jumat, 23 Juli 2021.

    Anchor Metro TV, Zackia Arfan melaporkan dari pantauan di Bandara Soekarno-Hatta masih terdapat sejumlah jadwal penerbangan dari Singapura dan Abu Dhabi. Selain itu, petugas bandara pun telah menyiapkan meja pendaftaran untuk wajib karantina bagi WNA dan WNI yang baru tiba dari luar negeri di gerbang kedatangan.

     



    "Masih ada jadwal penerbangan dari Singapura dan Abu Dhabi melalui 6 penerbangan," jelas Anchor Metro TV, Zackia Arfan pada Headline News.

    Ia pun mengatakan, pemerintah hanya mengizinkan WNA bersyarat untuk masuk ke wilayah Indonesia di masa PPKM Darurat. Berikut merupakan persyaratan yang harus dipenuhinya, yaitu WNA dengan visa diplomatik, Dinas, izin tinggal terbatas, dan izin tinggal tetap.

    Sementara itu, bagi WNA yang memenuhi syarat namun menolak untuk dikarantina, mereka akan ditindak oleh petugas imigrasi dan Kantor Kesehatan Pelabuhan. Lalu, bagi WNA yang tidak memenuhi persyaratan, akan dideportasi ke negara asalnya.

    Menurut Kasi Ops Satgas PAM Repatriasi Bandara Soetta Kapten TNI Tanto Widiatmoko, para WNA telah disampaikan bahwa sedang diberlakukan kebijakan baru terhitung sejak 21 Juli 2021. Sehingga, para WNA tersebut harus melaksanakan aturan dari kebijakan baru tersebut.

    "Karena sudah peraturan, kami arahkan WNA untuk melakukan isoman di hotel yang sesuai dengan keinginannya," kata Widiatmoko. (Aulya Syifa)

     

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id