Sosiolog: Literasi Digital Dan Sikap Kritis Kunci Terhindar dari Hoaks

    MetroTV - 21 Juli 2021 14:20 WIB
    Sosiolog: Literasi Digital Dan Sikap Kritis Kunci Terhindar dari Hoaks
    Ilustrasi. Foto: Dok/MI



    Jakarta: Pandemi covid-19 tak kunjung usai, hoaks pun kian bersahabat dengan masyarakat. Literasi digital dan sikap kritis disebut menjadi kunci bagi setiap individu yang memilih untuk berselancar dan mengonsumsi informasi di media sosial.

    "Kalau kita terdorong menjadi netizen, harus didorong dengan digital literasi yang paling penting mengkritisi," jelas Sosiolog Universitas Indonesia (UI) Daisy Indira Yasmine dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia Metro TV pada Rabu, 21 Juli 2021.

     



    Yasmine menjelaskan dunia virtual membuat masyarakat memiliki kebebasan memproduksi informasi secara terbuka. Tak sedikit yang memanfaatkan media sosial untuk popularitas semata.

    "Kita harus tahu kepentingan dari informasi itu disebarkan, apa implikasinya, serta check & recheck," kata Yasmine.

    Berbagai fenomena disebut muncul bersama para oknum yang memiliki kepentingan tertentu. Pemerintah pun diminta berperan dalam menyajikan pusat informasi terpadu terkait covid-19 bagi masyarakat.

    "Kelemahan kita tidak ada moderator dan penarik kesimpulan di media sosial, di sini peran pemerintah sebagai otoritas utama untuk menenangkan," jelas Yasmine.

    Yasmine menyatakan perbedaan definisi umum dan definisi khusus terkait suatu informasi di media sosial berimbas pada ketimpangan yang terus ada. Pandemi covid-19 dinilai semakin mencerminkan kehidupan dalam ruang virtual.

    "Ada faktor sosialisasi, pengalaman, dan ekspektasi sosial terkait pandemi ini di kalangan masyarakat,” ujar Yasmine. (Nadia Ayu)

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id