Jokowi Bertolak ke Natuna

    Damar Iradat - 08 Januari 2020 09:06 WIB
    Jokowi Bertolak ke Natuna
    Presiden Joko Widodo. Foto : MI/Ramdani.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo bertolak ke Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Rabu, 8 Januari 2020. Jokowi akan meninjau jajar kapal.

    Jokowi beserta rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pukul 07.35 WIB. Setibanya di Pangkalan TNI AU Raden Sadjad, Natuna, Presiden akan langsung menuju Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa, Natuna. Di sana, Jokowi akan meninjau jajar kapal dan bertemu dengan ratusan nelayan.

    Jokowi juga akan menuju Kantor Bupati Natuna untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah ke rakyat. Kepala Negara kembali ke Jakarta pada hari yang sama.

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, serta Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN Surya Tjandra turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja ke Natuna.

    Tensi hubungan diplomatik Indonesia dan China beberapa hari terakhir memanas lantaran sejumlah kapal nelayan China bertahan di Perairan Natuna.
     
    Kapal-kapal asing tersebut bersikukuh menangkap ikan yang berjarak sekitar 130 mil dari perairan Ranai, Natuna.
     
    TNI sudah mengerahkan delapan Kapal Republik Indonesia (KRI) berpatroli untuk pengamanan Perairan Natuna.
     
    Berdasarkan Konvensi PBB tentang Hukum Laut, The United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) 1982, perairan Natuna merupakan wilayah ZEE Indonesia. Cina tidak memiliki hak apa pun atas perairan tersebut. Namun, Cina secara sepihak mengklaim kawasan itu masuk ke wilayah mereka.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id