Indonesia Terima 40 Ton Alkes Penanganan Covid-19 dari Tiongkok

    Fachri Audhia Hafiez - 26 Maret 2020 16:12 WIB
    Indonesia Terima 40 Ton Alkes Penanganan Covid-19 dari Tiongkok
    Iustrasi medcom.id
    Jakarta: Indonesia menerima bantuan 40 ton alat kesehatan (alkes) untuk penanganan dan pengendalian wabah virus korona (covid-19). Bantuan itu diberikan sejumlah perusahaan Tiongkok.

    "Beberapa perusahaan asal Tiongkok yang memiliki investasi di Indonesia berinisiatif memberikan sumbangan alat-alat kesehatan untuk membantu proses penanganan dan pengendalian wabah covid-19," kata juru bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020.

    Alkes hasil kerja sama dengan Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) itu diangkut menggunakan pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 777. Pesawat akan tiba melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada malam ini.

    "Bantuan alkes ini adalah bukti hubungan baik antara kedua negara, dan wujud kepedulian terhadap wabah covid-19 yang kita tahu merupakan tantangan semua negara di dunia hari ini," ujar Jodi.

    Jodi menjelaskan bantuan alkes yang diberikan antara lain berupa alat tes kit covid-19, masker N95, masker bedah, baju pelindung diri, kacamata, dan sarung tangan. Seluruh bantuan akan didistribusikan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), rumah sakit, dan jaringan beberapa fakultas kedokteran.

    Baca: 336 APD Didistribusikan ke RS Rujukan Korona di Aceh

    Kemenko Bidang Maritim dan Investasi bersama APLSI juga mengoordinasikan pemberian bantuan alat laboratorium untuk mendeteksi virus korona, kepada enam fakultas kedokteran di Indonesia. Alat tersebut berupa Polymerase Chain Reaction (PCR) dan RNA extraction machine.

    Semua fakultas kedokteran diharapkan sudah bisa melakukan tes covid-19 hingga sebanyak 1.000 sampel per hari setelah alat-alat tersebut dikirimkan. Targetnya pekan kedua April 2020, semua alat sudah terdistribusi.

    "Sesuai arahan dari Pak Luhut (Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan), bekerja sama dengan APLSI mengoordinasi bantuan dari berbagai perusahaan tersebut agar segera terkirim ke Indonesia, dan dapat terdistribusi dengan baik untuk memenuhi kebutuhan yang sangat banyak dan mendesak. Warga dapat kita lindungi, termasuk keselamatan petugas medis yang saat ini berjuang di garis terdepan,” ujar Jodi.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id