comscore

Kominfo Takedown Ribuan Konten Investasi Ilegal

Anggi Tondi Martaon - 22 Maret 2022 13:22 WIB
Kominfo <i>Takedown</i> Ribuan Konten Investasi Ilegal
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Dokumentasi.
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memutus akses ribuan konten investasi dan pialang berjangka ilegal. Pemutusan akses dilakukan sejak 2016 hingga 2022.

"Kami secara aktif telah melakukan pemutusan akses atau website takedown terhadap konten yang melanggar ketentuan perundang-undangan sepanjang periode 2016 sampai 2022," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Platte dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 22 Maret 2022.
Sebanyak 967 konten yang di-takedown masuk kategori pialang berjangka. Kemudian, 867 konten investasi ilegal dan 1.167 konten forex ilegal.

"Dan pada kategori binary option seperti Binomo, telah di-takedown sebanyak 215 konten," kata dia.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem itu menyampaikan pemutusan akses dilakukan atas rekomendasi dari kementerian/lembaga yang berwenang. Yakni, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Baca: Polisi Tetapkan 4 Tersangka Kasus Robot Trading Viral Blast Global

Selain penindakan, Kominfo melakukan upaya pencegahan. Di antaranya, memantau pergerakan investasi digital.

"Yang selanjutnya diteruskan kepada OJK untuk diverifikasi apakah legal atau tidak legal. Demikian juga yang berkaitan dengan perdagangan apakah ada perdagangan yang ilegal yang dikomunikasikan dengan Kementerian Perdagangan," kata dia.

Kominfo juga menggiatkan upaya literasi masyarakat. Upaya itu dilakukan agar masyarakat mengetahui investasi aman di ruang digital.

"Pemutusan akses bukan satu-satunya solusi dalam permasalahan ini. Literasi digital penanganan konten dan penegakan hukum perlu dilakukan bersama-sama dengan dukungan masyarakat luas," ujar dia.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id