comscore

Vaksin AstraZeneca Penyebab Munculnya Hepatitis Akut? Ini Penjelasan Ahli Biologi Molekuler

Wandi Yusuf - 06 Mei 2022 15:05 WIB
Vaksin AstraZeneca Penyebab Munculnya Hepatitis Akut? Ini Penjelasan Ahli Biologi Molekuler
Ahli Biologi Molekuler, Ahmad Rusdan Utomo, saat menjelaskan soal adenovirus. Foto: Akun Youtube Pak Ahmad
Jakarta: Vaksin AstraZeneca sepertinya menjadi kambing hitam. Banyak yang percaya bahwa vaksin asal Inggris untuk menghalau virus korona ini menjadi pemicu munculnya hepatitis akut yang banyak menyerang anak di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Dasar dari kepercayaan ini rupanya datang dari platform vaksin AstraZeneca sendiri yang berasal dari adenovirus. Sementara, hepatitis akut sendiri dipicu oleh adenovirus.
Nah, dari sinilah muasal kenapa vaksin AstraZeneca dihubungkan dengan munculnya hepatitis akut. Namun, benarkah vaksin AstraZeneca terbukti sebagai pemicu munculnya hepatitis akut? 

Ahli Biologi Molekuler, Ahmad Rusdan Utomo, mencoba menjawab keterhubungan ini. Melalui akun sosial media YouTube-nya, Ahmad mencoba memaparkan apakah ada hubungan antara vaksin AstraZeneca dengan munculnya hepatitis akut.
 

Kuncinya di gen E1

Ahmad membenarkan jika vaksin AstraZeneca mengandung adenovirus. Namun, adenovirus yang terkandung di vaksin ini sudah dimodifikasi. Modifikasi yang paling kentara adalah penghilangan gen E1 dan E3.

"Gen E1 ini adalah gen yang bisa mentransformasi sel normal menjadi sel kanker," kata dia melalui akun YouTube Pak Ahmad, Jumat, 6 Mei 2022.

Baca: Kemenkes Minta Orang Tua Gerak Cepat Jika Ada Tanda Hepatitis Akut

Ahmad menekankan gen E1 dalam vaksin AstraZeneca sudah dihilangkan. Dengan hilangnya E1 ini, kandungan adenovirus kehilangan fungsinya untuk bisa memperbanyak diri. 

"Gen E1 yang hilang ini kemudian disisipkan dengan gen spike sebagai upaya melawan virus korona penyebab covid-19," kata Ahmad.
 

Tidak bereplikasi

Jadi, dia menegaskan bahwa tidak benar jika vaksin AstraZeneca memicu munculnya hepatitis akut. Kandungan adenovirus dalam vaksin AstraZeneca sudah terbukti tidak bisa bereplikasi. Tidak bisa memperbanyak diri karena gen E1-nya sudah hilang.

"Jadi, tidak benar jika ada yang mengatakan bahwa vaksin AztraZeneca akan membuat adenovirus bereplikasi di tubuh manusia," kata Ahmad.

Baca: Hepatitis Akut Menular Lewat Saluran Cerna dan Pernapasan, Begini Cara Mencegahnya

Dugaan sementara, hepatitis akut yang baru-baru ini banyak menyerang anak-anak disebabkan oleh adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV, dan sejumlah virus lain. Virus tersebut menyerang saluran pencernaan dan pernafasan.

Untuk mencegah risiko infeksi, Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI, dr Hanifah Oswari, menyarankan agar orang tua meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan tindakan pencegahan. Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

(UWA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id