comscore

Mendagri Terbitkan 2 Instruksi Terkait Lanjutan PPKM

Antara - 04 Januari 2022 12:06 WIB
Mendagri Terbitkan 2 Instruksi Terkait Lanjutan PPKM
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian/Medcom.id/M. Sholahadin Azhar
Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menerbitkan dua Instruksi Mendagri tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Direktur Jenderal Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Safrizal ZA, menyebutkan dua Instruksi Menteri Dalam Negeri itu yakni, Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 01 Tahun 2022 dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 02 Tahun 2022.
 
"Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 01 Tahun 2022 tentang PPKM tingkat III, II, dan I di Pulau Jawa dan Pulau Bali," kata Safrizal dilansir dari Antara, Jakarta, Selasa, 4 Januari 2022.
 
Instruksi Menteri Dalam Negeri itu mulai berlaku 4 Januari hingga 17 Januari 2022. Kemudian, IInstruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 02 Tahun 2022 merupakan instruksi tentang pemberlakuan PPKM tingkat III, II dan I di Pulau Sumatra, Nusa Tenggara, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Maluku, dan Papua, yang juga berlaku pada 4 hingga 17 Januari 2022.
 
Penetapan tingkatan wilayah pada instruksi itu berpedoman pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi covid-19 yang ditetapkan menteri kesehatan. Penetapan itu juga ditambahkan dengan indikator capaian total vaksinasi dosis satu dan vaksinasi dosis dua.

Tingkatan PPKM kabupaten/kota dinaikkan satu tingkat apabila capaian total vaksinasi dosis satu kurang dari 50 persen untuk wilayah luar Pulau Jawa dan Pulau Bali. Penurunan tingkatan kabupaten/kota dari tingkat III menjadi tingkat II, dengan capaian total vaksinasi dosis satu minimal  50 persen dan capaian vaksinasi dosis 1 lanjut usia di atas 60 tahun minimal 40 persen.
 
Penurunan tingkatan kabupaten/kota dari tingkat II menjadi tingkat I, dengan capaian total vaksinasi dosis satu minimal 70 persen. Sedangkan capaian vaksinasi dosis satu lanjut usia di atas 60 tahun minimal 60 persen.
Baca: PPKM Jakarta Naik Level 2, Begini Ketentuan Aktivitas Masyarakat

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id