comscore

Pemerintah Segera Hapus BBM 'RON' Rendah, Bye-bye Premium dan Pertalite

Adri Prima - 24 Desember 2021 14:56 WIB
Pemerintah Segera Hapus BBM RON Rendah, <i>Bye-bye</i> Premium dan Pertalite
Pertalite. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu
Jakarta: Pemerintah berencana menghapus bahan bakar minyak (BBM) dengan Research Octane Number (RON) 88 alias Premium serta RON 90 jenis Pertalite

Melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), penghapusan dua jenis BBM tersebut merupakan upaya pemerintah memperbaiki kondisi lingkungan dengan mendorong penggunaan BBM yang memiliki RON tinggi seperti Pertamax dan jenis lain di atasnya. 

 



"Kita memasuki masa transisi. Premium RON 88 digantikan dengan Pertalite RON 90 sebelum akhirnya kita akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan," kata Direktur Pembinaan usaha Hilir Minya dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Soerjaningsih, dikutip dari Antara, Jumat, 24 Desember 2021.

Ia menambahkan saat ini pemerintah sedang menyusun roadmap serta tahapan penghapusan Premium dan Pertalite. Pasalnya, jenis bahan bakar oktan rendah seperti RON 88 saat ini sudah mulai ditinggalkan hampir di seluruh dunia. Tercatat, tersisa tujuh negara yang masih memakai BBM RON 88 (setara Premium). 

"Dengan roadmap ini, ada tata waktu. Nantinya kita akan menggunakan BBM ramah lingkungan. Ada masa Pertalite harus dry, harus shifting dari Pertalite ke Pertamax," lanjutnya. 

Kementerian ESDM juga mengklaim dengan konversi Pertalite ke Pertamax maka akan berkontribusi terhadap penurunan signifikan kadar emisi karbon sebesar 27 persen. 

(PRI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id