Pernikahan Dini Perlu Jadi Perhatian Pemerintah

    Arga sumantri - 16 Juli 2019 12:18 WIB
    Pernikahan Dini Perlu Jadi Perhatian Pemerintah
    Politikus Partai NasDem Okky Asokawati - MI/Rommy Pujianto.
    Jakarta: Politikus Partai NasDem Okky Asokawati menilai persoalan pernikahan dini perlu menjadi perhatian pemerintah periode mendatang. Sebab, masalah ini berkaitan dengan program prioritas pembangunan sumber daya manusia (SDM) Presiden terpilih Joko Widodo.

    "Pernikahan dini harus menjadi isu yang mendapat penajaman oleh lintas sektoral," tegas Okky di Jakarta, Selasa, 16 Juli 2019. 

    Okky mengatakan pernikahan dini masih banyak terjadi di sejumlah daerah. Pernikahan dini diyakini dapat mengakibatkan efek turunan, seperti stunting, juga kerawanan kesehatan anak dan ibu. 

    "Dan kekerasan seksual, serta munculnya ancaman penyakit lainnya," ucap dia.

    Anggota Komisi IX DPR dua periode ini menyambut positif program Jokowi yang disampaikan dalam Visi Indonesia. Terlebih, Jokowi mengaitkan penguatan SDM dengan sejumlah program prioritas seperti peningkatan terhadap kesehatan ibu hamil, bayi, balita, dan anak usia dini.

    "Program prioritas Presiden Jokowi dalam hal kesehatan ibu hamil, bayi, balita dan anak usia dini merupakan langkah tepat untuk memastikan bonus demografi kita pada 2035," jelasnya. 

    (Baca juga: Pernikahan Dini Dianggap Melanggar Hak Anak)

    Bagi Okky, hal-hal yang disampaikan Jokowi bukan hal baru. Program serupa sejatinya pernah muncul di pemerintahan periode pertama.

    "Bedanya, selama lima tahun ini kurang ada penajaman dan fokus pada program yang berkelanjutan. Kesan asal ada kegiatan sulit untuk dibantah," kata Okky. 

    Ia mencontohkan program pemberian biskuit oleh Kementerian Kesehatan terhadap ibu hamil dan balita serta anak sekolah. Menurut Okky, program itu sejatinya berbiaya mahal, namun belum terdengar dilakukan evaluasi terkait analisis dampak atas program tersebut.

    "Mestinya, setiap kegiatan harus dievaluasi terkait dengan dampak positif bagi masyarakat," ujarnya. 

    Okky berharap tak ada lagi ego sektoral antar kementerian dan lembaga terkait pelaksanaan program prioritas yang dicanangkan Jokowi lima tahun mendatang. Pengawasan program kerja mutlak dilakukan. Sebab, sebagus apa pun rencana kerja, bila tidak diimbangi pengawasan yang baik akan berpotensi mengendur.

    "Pengawasan harus senantiasa dilakukan, baik dari internal pemerintahan maupun dari eksternal," pungkas dia. 

    (Baca juga: Pidato Lengkap Visi Indonesia Presiden Jokowi)



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id