KPK Masuk Tim Penanganan Kecurangan Program JKN

    Damar Iradat - 19 Juli 2017 15:57 WIB
    KPK Masuk Tim Penanganan Kecurangan Program JKN
    Lambang KPK/MI/Rommy Pujianto
    medcom.id, Jakarta: Kementerian Kesehatan bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Komisi Pemberantasan Korupsi menandatangani kesepakatan bersama terkait pengawasan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Salah satu poin kesepakatan ialah pembentukan tim penanganan kecurangan.

    Penandatanganan itu dilangsungkan di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Juli 2017. Penandatanganan dilakukan langsung oleh Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris, dan Ketua KPK Agus Rahardjo.

    "Kita menjalin kerja sama KPK, Kemenkes, dan BPJS hari ini ditujukan untuk melakukan bagaimana deteksi awal kecurangan maupun bagaimana mencegahnya," kata Agus.

    Dalam kesempatan yang sama, Dirut BPJS Fahmi Idris meminta para penyedia, dokter, pihak-dan pihak terkait tidak khawatir karena kerja sama tersebut. Target tim ialah mereka yang sengaja mencari keuntungan finansial.

    Ada tiga pedoman yang dibuat tim, yakni pedoman pencegahan kecurangan, pendeteksian, dan penyelesaian. Pada prinsipnya, terang dia, BPJS fokus menjalankan good governance.

    Menkes Nila Moeloek menjeslaskan tidak tertutup kemungkinan praktik kecurangan dalam program JKN terjadi di rumah sakit.  Nila meminta rumah sakit tak luput dari pengawasan.

    "Contoh dalam pengobatan, diagnosisnya dibuat beda-beda dengan niat makin banyak diperoleh untuk reimburse BPJS," tegas Nila.

    Ia mengatakan, saat ini di rumah sakit pemerintah sudah ada badan pengawas untuk menangani kecurangan. Sementara itu, pengawasan belum dilakukan pada rumah sakit swasta.

    "Kami dorong, kami minta betul mereka untuk mengawasi," ucap Nila.



    (OJE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id