comscore

Perjalanan Karier Anwar Usman, Ketua MK yang Nikahi Adik Jokowi

Adri Prima - 26 Mei 2022 19:51 WIB
Perjalanan Karier Anwar Usman, Ketua MK yang Nikahi Adik Jokowi
Anwar Usman (kanan) saat melakukan ijab kabul. Foto: BPMI Setwapres
Jakarta: Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman sah menjadi suami dari adik Jokowi, Idayati usai menggelar akad nikah, Kamis, 26 Mei 2022 di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah.

Dalam pernikahan Idayati dengan Anwar Usman tersebut, Presiden Jokowi menjadi wali nikah adiknya dengan bimbingan Kepala KUA Banjarsari, Solo, Arba'in Basyar.
 
"Saudara Prof Dr H Anwar Usman SH MH bin Haji Usman saya nikahkan dan saya jodohkan dengan saudari perempuan saya, Idayati binti Notomoharjo, nikah dengan engkau dengan mas kawin berupa seperangkat alat salat dan sebuah jam tangan dibayar tunai," ucap Jokowi sembari menjabat tangan Anwar Usman.
"Saya terima nikahnya dan jodohnya Idayati binti Notomiharjo dengan mas kawin tersebut dibayar tunai," tutur Anwar saat ijab kabul.
 

Perjalanan karier Anwar Usman hingga menjadi Ketua MK


Karier pertama Anwar Usman adalah guru honorer pada 1975. Pria kelahiran Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) tanggal 31 Desember 1956 itu bekerja sambil melanjutkan pendidikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Islam Jakarta dan lulus pada 1984. 
 
Kemudian, Anwar Usman mencoba ikut tes menjadi calon hakim dan lulus. Ia diangkat menjadi Calon Hakim Pengadilan Negeri Bogor pada 1985. 

Di Mahkamah Agung, jabatan yang pernah diduduki Anwar Usman di antaranya menjadi Asisten Hakim Agung mulai dari 1997-2003 yang kemudian berlanjut dengan pengangkatannya menjadi Kepala Biro Kepegawaian Mahkamah Agung selama 2003-2006. Lalu pada 2005, dirinya diangkat menjadi Hakim Pengadilan Tinggi Jakarta dengan tetap dipekerjakan sebagai Kepala Biro Kepegawaian.

Selama berkarier, Anwar Usman mengambil Magister Hukum STIH IBLAM Jakarta (2001) dan melanjutkan S3 di Program Bidang Ilmu Studi Kebijakan Sekolah Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (2010). 

Anwar Usman menjabat sebagai Ketua MK ke-6 sejak 2 April 2018. Sebelumnya, ia menjadi Wakil Ketua MK ke-5 dengan periode 14 Januari 2015 hingga 1 April 2018. 

Anwar Usman juga menjabat sebagai Hakim Konstitusi dua periode. Periode pertama pada 2011-2016 dan periode kedua pada 2016-2026.

(PRI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id