comscore

Sandiaga Dorong UMKM Indonesia Berdaya Saing Global

Arga sumantri - 26 April 2022 23:16 WIB
Sandiaga Dorong UMKM Indonesia Berdaya Saing Global
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Istimewa.
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berdaya saing global. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan.

Sandiaga mengatakan UMKM harus berani mengambil risiko. Kemudian, rajin berinovasi dengan ide-ide baru, dan mempraktikkan metode amati, tiru, modifikasi.
"Mencoba berkolaborasi dengan berbagai pihak, menjaga relasi, serta yang terpenting adalah kejujuran," ujar Sandiaga dalam keterangannya, Selasa, 26 April 2022.

Sandiaga menekankan kejujuran akan membuat usaha atau bisnis pelaku UMKM laris dan berkah. Ia mendoakan para pelaku UMKM selalu berdaya dan mampu menciptakan lapangan kerja yang luas.

"Dan memberdayakan UMKM yang turut berkontribusi dalam upaya kebangkitan ekonomi nasional," ujar Sandiaga.

Baca: Bantu UMKM, JIEP Salurkan Modal Usaha Rp315 Juta

Sementara itu, founder dan CEO Smeshub Indonesia Lutpi Ginanjar menerangkan mengenai upaya yang dilakukan untuk membantu perkembangan UMKM. Salah satunya, memberikan akses bagi para pelaku UMKM pemula agar produknya bisa menembus pasar ekspor.

"Kami memiliki mitra jejaring ekspor di 35 negara dan juga dalam proses ekspor sudah mengikuti sistem di bea cukai," kata Lutpi.

Lutpi juga mengaku memberikan akses bagi sejumlah mahasiswa untuk berlatih menjadi influencer dengan berbagai kreasi konten dalam mempromosikan berbagai produk UMKM. Kunci sukses berusaha, kata dia, harus memahami kebutuhan pasar.

"Kita harus bisa menjadi solusi dari sebuah masalah atau kebutuhan pasar, bisnis seperti ini yang sustainable," ucap Lutpi.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id