comscore

Kalla: Kota Cerdas tak Hanya Diukur dari Panel Monitor

Dheri Agriesta - 11 Desember 2017 12:35 WIB
Kalla: Kota Cerdas tak Hanya Diukur dari Panel Monitor
Wapres Jusuf Kalla. Foto: Antara/Wahyu Putro A
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan penghargaan dalam acara Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI). Kalla meminta pemerintah daerah tak berpuas diri dengan penghargaan yang diraih.

Kalla menjelaskan kota cerdas merupakan sebuah kota yang dikelola dengan baik dan didorong penggunaan teknologi. Kota ini sejatinya memiliki sistem yang baik untuk mengetahui kondisi dan masalah yang dimiliki.
"Ini adalah tools dan alat. Sistem kota cerdas ini untuk selesaikan masalah dengan hasil akhirnya, output-nya," kata Kalla saat memberikan sambutan di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin, 11 Desember 2017.

Kota cerdas tak cukup diukur dengan panel monitor yang ada di ruang operasional khusus di salah satu gedung wali kota atau kantor gubernur. Tapi, bagaimana menyelesaikan masalah yang terekam dalam sistem yang canggih tersebut.

Kalla mencontohkan pemerintah daerah harus melihat bagaimana mewujudkan sebuah kota layak huni. Lalu, bagaimana menambah lapangan hijau untuk mewujudkan sebuah kota hijau.

"Jangan kota hijau isinya mal semua, sekarang mal banyak yang mengalami masalah," kata Kalla.

Kalla mengucapkan selamat kepada kota yang menerima penghargan. Ia mengingatkan pelaksanaan pemerintahan harus ditingkatkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam pengelolaan kota.

"Pelaksanaan harus betul-betul smart, dibanding sistem, sistem hanya tools. Hasil yang akan dinikmati adalah output-nya apa," kata dia.

Rating Kota Cerdas Indonesia merupakan kegiatan yang digelar Institut Teknologi Bandung. Sebanyak 93 kota, selain kota administratif Jakarta, disurvei dan dikaji untuk mendapatkan penghargaan ini.

Hasilnya, sebanyak 15 kota berhasil mendapatkan penghargaan kategori utama Rating Kota Menuju Cerdas 2017. Untuk kota besar, penghargaan diberikan kepada Kota Surabaya, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Bekasi, dan Kota Tangerang Selatan.

Sedangkan kota sedang jatuh kepada, Denpasar, Binjai, Manado, Yogyakarta, dan Kediri. Untuk kota kecil diberikan kepada, Magelang, Sawahlunto, Bontang, Tual, dan Bukittinggi.

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id