Kronologi Tenggelamnya KMP Yunicee, Bawa 41 Penumpang

    Cindy - 30 Juni 2021 11:13 WIB
    Kronologi Tenggelamnya KMP Yunicee, Bawa 41 Penumpang
    Sejumlah penumpang KMP Yunicee yang selamat dan ditambung di ruang tunggu Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa, 29 Juni 2021 Malam. Antara/Ho-Novi H.



    Banyuwangi: Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunicee tenggelam di Selat Bali, Gilimanuk, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa, 29 Juni 2021. Dugaan sementara, kapal tenggelam akibat terseret gelombang tinggi. 

    "Kami sempat melakukan pencarian korban di laut, gelombang tinggi mencapai tiga hingga empat meter, kemungkinan ini (gelombang) yang menyeret kapal dan tenggelam," kata Letkol Marinir Benyamin Ginting di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, melansir Antara, Rabu, 30 Juni 2021.

     



    Dugaan tersebut juga didapat dari keterangan kepala kamar mesin (KKM) KMP Yunicee yang selamat. Sebelum tenggelam, KMP Yunicee tengah menunggu kesempatan bersandar ke Pelabuhan Gilimanuk. 

    Baca: Update Tragedi KMP Yunicee: 7 Orang Meninggal, 11 Masih Dicari

    Kala itu, kapal tiba-tiba terseret arus ke arah selatan Pelabuhan Gilimanuk karena ombak besar. Mesin KMP Yunicee tak bisa mengimbangi tingginya gelombang yang menghantam kapal. 

    "Sekitar lima menit kapal miring dan tenggelam ke sisi kiri," ujarnya.

    Kepala kamar mesin, lanjut Benyamin, juga memastikan tak ada kebocoran pada kapal. Sehingga, kemungkinan besar kapal tenggelam akibat gelombang tinggi. 

    Meski begitu, penyebab itu masih dugaan. Benyamin masih menunggu kepastian penyebab kapal tenggelam dari penyelidikan yang dilakukan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). 

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id