Opsi yang Ditawarkan Jokowi terkait PPKM Darurat Dinilai Cerdas

    Antara - 21 Juli 2021 23:02 WIB
    Opsi yang Ditawarkan Jokowi terkait PPKM Darurat Dinilai Cerdas
    Presiden Joko Widodo Foto: MI/Ramdani



    Jakarta: Opsi yang ditawarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat dinilai cerdas. Keputusan untuk melonggarkan PPKM darurat dengan catatan kasus terus menurun pun disebut sebagai keputusan yang win-win solution.

    Anggota DPR Nur Nadlifah mengatakan Jokowi saat ini berada di dua bandul yang sama berat. Di satu sisi pemerintah harus mengendalikan penyebaran covid-19 dan menata fasilitas kesehatan. Ini dilakukan agar bisa melayani masyarakat yang terpapar covid-19 maupun karena penyakit lainnya. 

     



    Di sisi lain, Jokowi juga memperhatikan aspirasi masyarakat yang terdampak kebijakan PPKM darurat. "Untuk itu, mari kita semua tertib melaksanakan protokol kesehatan dan mematuhi aturan PPKM agar terjadi penurunan kasus yang signifikan," kata Nur Nadlifah, seperti dilansir Antara, Rabu, 21 Juli 2021.

    Anggota Komisi IX mengatakan indikator keberhasilan PPKM darurat adalah adanya penurunan kasus covid-19. Sejauh ini, dampak PPKM darurat cukup positif meski belum sesuai target. 

    "Jadi, opini PPKM darurat gagal saya kira kurang tepat dan masih terlalu dini," ujarnya.

    Menurut dia, untuk menurunkan kasus covid-19 ini, semua pihak harus berperan aktif. Harus memiliki kesadaran penuh dalam menaati kebijakan pemerintah. 

    "Kebijakan pemerintah diambil bukan berangkat dari ruang kosong, melainkan atas pertimbangan yang sangat detail dan teliti, termasuk kebijakan PPKM darurat ini. Tujuannya sangat jelas, menyelamatkan warga negara," tutur politikus PKB ini.

    Baca: Alasan Pemerintah Perpanjang PPKM Darurat

    Nur Nadlifah memohon semua pihak bisa mengubah cara pikir masing-masing. "PPKM darurat ini hadir untuk kepentingan keselamatan masyarakat, bukan untuk merepotkan masyarakat. Patuhi aturan PPKM dan tetap menjaga protokol kesehatan. Mari kita ambil hikmah, kita lakukan yang bisa kita lakukan dalam kondisi seperti ini," katanya.

    Dia menilai berbagai bantuan sosial dari pemerintah, terutama selama PPKM darurat bisa sangat mengurangi beban masyarakat. "Meski tidak 100%. Tetapi, setidaknya ini bagian dari meringankan beban masyarakat," ujarnya.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id