Avitex 2016

    10 Cara Mengatasi Gugup Jelang Ujian

    Gervin Nathaniel Purba - 03 Desember 2016 11:05 WIB
    10 Cara Mengatasi Gugup Jelang Ujian
    (Foto:Usnews)
    medcom.id, Jakarta: Sebagian besar orang merasa gugup menghadapi ujian atau tes. Rasa gugup yang tak terkendali dapat mengacaukan pikiran dan membuyarkan konsentrasi dalam menjawab soal ujian.

    Mengingat pentingnya sebuah ujian untuk dilalui dengan baik agar mendapatkan hasil sesuai harapan, Anda harus bisa menaklukkan gugup. Bagaimana caranya?

    1. Persiapan sejak dini

    Belajar sejak beberapa minggu sebelum hari pelaksanaan ujian akan membantu mengurangi rasa gugup. Jika Anda tengah menghadapi ujian masuk perguruan tinggi, lakukan persiapan sejak jauh-jauh hari. Mengerjakan soal latihan dan mengikuti les tambahan bisa menjadi jalan untuk membekali diri untuk menjawab soal ujian.

    2.  Simpan catatan dalam satu tempat

    Simpan semua catatan dan pekerjaan rumah secara terorganisir. Jika tidak, hal ini akan menambah rasa gugup karena sibuk mencari catatan yang hilang. Ada baiknya disimpan dalam satu map dan disimpan di tempat yang mudah terjangkau.

    3. Rileks

    Belajar memang perlu, tapi jangan terlalu memforsir diri Anda. Luangkan waktu untuk rileks. Ambil waktu sekitar 10 hingga 30 menit untuk menonton televisi, melakukan peregangan, tidur siang, dan sebagainya. Jika tubuh terasa bugar, otak pun dapat mencerna materi ujian dengan baik.

    4. Selingi olahraga

    Jangan lupakan olahraga, meski sedang sibuk mempersiapkan diri jelang ujian. Olahraga akan mengembalikan mood dan membuat fisik prima. Dengan kondisi fisik dan mental yang baik, menjawab soal ujian tidak akan terlalu sulit.

    5. Jangan lewatkan waktu makan

    Sibuk belajar membuat peserta didik menjadi lupa makan dan minum. Lelah akibat lapar dan haus akan memperparah rasa gugup. Ada baiknya asupan makanan juga diperhatikan karena otak membutuhkan nutrisi. Hindari makanan dan minuman manis karena akan memicu gelisah dan memperburuk rasa gugup.

    6. Hindari curhat

    Merupakan hal wajar jika sebelum ujian, diadakan kerja kelompok. Pada saat berkumpul  itu, ada teman yang menceritakan kecemasan dengan alasan takut, belum siap, dan sebagainya. Sebaiknya hindari mendengarkan curahan hati (curhat) yang isinya negatif. Sebab, curhat yang demikian akan memberi sugesti Anda menjadi gugup.

    7. Percaya diri dan ucapkan kalimat positif

    Rasa gugup muncul karena tidak percaya diri dan menyerah sebelum berperang. Saat persiapan, selalu ucapkan kalimat positif seperti 'saya pasti bisa.' Dengan demikian, rasa percaya diri akan muncul.

    8. Jangan telat saat ujian

    Usahakan jangan telat datang pada hari pelaksanaan ujian. Datang terlambat akan membuat Anda semakin gugup. Hindari tidur terlalu malam, pasang alarm sepagi mungkin. Juga antisipasi kemungkinan terjebak macet di jalan.

    9. Kerjakan soal dari yang paling mudah

    Dalam mengerjakan soal dibutuhkan strategi. Bacalah semua soal dan mulai kerjakan dari yang paling Anda anggap mudah. Jangan terpaku pada soal-soal yang sulit, sementara banyak soal yang lebih mudah Anda kerjakan. Cara ini akan membantu Anda melakukan efisiensi waktu.

    10. Tarik napas dalam-dalam

    Tarik nafas dalam-dalam, kemudian hembuskan perlahan. Lakukan secara teratur. Cara ini akan membuat Anda rileks dan membuang rasa gugup saat mengerjakan soal ujian.

    Selamat mencoba dan semoga sukses ujiannya!



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id