Satgas: Tempat Tidur RS di Jakarta Hampir Penuh

    Nur Azizah - 12 Januari 2021 18:43 WIB
    Satgas: Tempat Tidur RS di Jakarta Hampir Penuh
    Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual, Selasa, 8 Desember 2020. Foto: Satgas Covid-19
    Jakarta: Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut ketersediaan tempat tidur rumah sakit (RS) di DKI Jakarta sudah menipis. Data saat ini menunjukkan keterisian RS rujukan di Ibu Kota sudah lebih dari 80 persen. 

    "DKI sebentar lagi akan penuh. Apabila tempat tidur di fasilitas kesehatan terpakai 100 persen maka pasien covid-19 tidak akan bisa ditangani," kata Wiku di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Januari 2021.

    Selain DKI, ketersediaan ranjang RS di beberapa daerah lain terus menipis. Banten memiliki tingkat keterisian RS 81 persen, Jogjakarta 78 persen, dan Jawa Barat 75 persen. 

    Baca: Satgas: Vaksinasi Harus Paralel dengan Disiplin Protokol Kesehatan

    "Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Jawa Tengah sudah mencapai 71 persen tingkat keterisiannya," ujar Wiku. 

    Tingkat keterisian tempat tidur di Sulawesi Tengah sudah 65 persen, Kalimantan Timur 64 persen, dan Lampung 63 persen. Wiku menyampaikan bila terus bertambah, jumlah pasien berdampak buruk pada sumber daya manusia (SDM) di RS. 

    "SDM di rumah sakit tidak memiliki kapasitas untuk menangani mereka. Sebagai gambaran, dengan tingkat keterisian 60 sampai 70 persen saja petugas kesehatan sudah sangat kewalahan menangani pasien covid-19,"  tutur Wiku. 

    Masyarakat diminta untuk mematuhi protokol kesehatan. Publik diharap tidak berpergian bila tidak perlu, selalu menggunakan masker, dan menghindari kerumunan. 

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id