Wiku: Indonesia Nihil Varian Baru Covid-19

    Fachri Audhia Hafiez - 18 Februari 2021 16:11 WIB
    Wiku: Indonesia Nihil Varian Baru Covid-19
    Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam dialog virtual bertajuk 'Perkembangan Pelaksanaan Protokol Kesehatan bagi Pelaku Perjalanan Internasional'. Sumber: YouTube BNPB Indonesia



    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memastikan belum ada strain atau varian baru virus covid-19 di Indonesia. Mutasi virus covid-19 ditemukan di Inggris.

    "Sampai sekarang belum ada strain virus baru dari Inggris itu di Indonesia," kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam dialog virtual bertajuk 'Perkembangan Pelaksanaan Protokol Kesehatan bagi Pelaku Perjalanan Internasional', Kamis, 18 Februari 2021.




    Hal ini dipastikan berdasarkan surveilans yang dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman. Surveilans menggunakan whole genome sequencing atau pengurutan genom menyeluruh dengan total 244 sampel yang dikumpulkan secara acak.

    (Baca: Daftar Varian Baru Virus Covid-19)

    Wiku menjelaskan saat ini strain virus covid-19 yang menyebar ialah D614G (virus yang mendominasi Indonesia). Strain tersebut mempunyai penularan 10 kali lebih cepat.

    Dia menyebut belum masuknya varian baru covid-19 lantaran pemerintah telah memperketat perjalanan internasional sejak Desember 2020. Langkah pencegahan ini diyakini menjadi bagian menyelesaikan masalah pandemi covid-19 dari sumbernya.

    "Artinya dengan pengetatan kita bermaksud agar jangan sampai strain baru dari Inggris tersebut masuk ke Indonesia," ujar Wiku.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id