Jumlah Tenaga Kesehatan yang Divaksinasi Masih di Bawah Target

    Nur Azizah - 12 Februari 2021 09:37 WIB
    Jumlah Tenaga Kesehatan yang Divaksinasi Masih di Bawah Target
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Sebanyak 1.017.186 tenaga kesehatan telah disuntik vaksin covid-19. Jumlah ini masih kurang dari target, yakni 1,4 juta tenaga kesehatan.

    "Secara nasional target penerima vaksin, yaitu 70 persen dari total penduduk Indonesia atau sekitar 181.554.465 orang," kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 12 Februari 2021.

    Tenaga kesehatan menjadi kelompok prioritas pertama yang mendapatkan vaksinasi. Sebab, tenaga kesehatan orang paling rentan terpapar covid-19.

    "Vaksinasi akan melindungi mereka dan mencegah penularan antara pasien dan petugas kesehatan," ujar Wiku.

    Vaksinasi untuk tenaga medis ditargetkan selesai pada minggu terakhir Februari. Vaksinasi akan dilanjutkan pada kelompok kedua, yaitu pelayan publik, TNI-Polri, wartawan, guru, dan lanjut usia (lansia).

    Wiku menegaskan vaksinasi lansia aman. Keputusan pemberian vaksin sudah mendapat izin penggunaan atau Use Emergency Authorization (UEA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

    "Berdasarkan hasil evaluasi bersama, pada 5 Februari 2021, Badan POM menerbitkan EUA vaksin Coronavac untuk usia 60 tahun ke atas dengan 2 dosis suntikan vaksin yang diberikan dalam selang waktu 28 hari," kata Wiku.

    Baca: 1 Juta Tenaga Kesehatan Sudah Divaksinasi Covid-19

    Wiku menuturkan penerbitan UEA tak sembarangan. EUA dikeluarkan setelah melakukan berbagai kajian dan evaluasi bersama para ahli.

    Di antaranya tim Komite Nasional Penilai Obat dan para ahli bidang vaksin, seperti Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), dokter spesialis alergi dan imunologi, serta dokter spesialis geriatri. BPOM juga memonitor perkembangan uji klinik dan berkoordinasi dengan pihak terkait yang melaksanakan uji klinik lansia di Brasil dan Tiongkok.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id