Sanca 3 Meter Ditemukan di Sunter

    Yurike Budiman - 04 Februari 2020 17:33 WIB
    Sanca 3 Meter Ditemukan di Sunter
    Sejumlah siswa taman kanak-kanak berinteraksi dengan ular sanca di Kompleks Gedung Pemuda, Temanggung, Jateng, Selasa, 4 Februari 2020. Foto: Antara/Anis Efizudin
    Jakarta: Ular sanca kembang ditemukan petugas Suku Dinas Sumber Daya Air di Rumah Pompa Danau Sunter Utara, Jakarta Utara. Reptil melata itu memiliki panjang hingga 3 meter. 

    "Ditemukan sama kami di saringan yang buat angkut sampah," kata salah satu petugas, Way, di Jakarta, Selasa, 4 Februari 2020.

    Menurut dia, ular itu masih hidup saat ditemukan. Namun, binatang itu terluka sehingga tidak banyak bergerak.

    Petugas pun langsung mengevakuasi ular itu ke daratan. Penemuan ular sanca ini pun baru pertama kali terjadi di Rumah Pompa Danau Sunter Utara. 

    Ular sejenis sempat ditemukan di Jalan Ancol Selatan, Sunter Agung, Jakarta Utara, di akhir 2019. Ular sanca sepanjang 2,5 meter itu berada di saluran air. 

    Ular kobra juga ditemukan di Kompleks Royal Gading Mansion, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Anak ular sepanjang 50 sentimeter itu ada di dalam rumah warga.

    Sanca 3 Meter Ditemukan di Sunter
    Anak kobra dievakuasi dari rumah warga di Royal Gading Mansion, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman

    Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Jakarta, Ahmad Munawir, memprediksi fenomena munculnya ular berlangsung hingga Februari 2020. Peristiwa ini kerap terulang setiap tahun.

    "Tahun 2019 cukup banyak karena musim kawin kobra di bulan Juni, Juli, Agustus ya, dia bertelur dierami tiga bulan. Jadi Desember hingga Februari ini merupakan waktunya menetas," kata Munawir.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id