comscore

Dihujat Netizen, Roy Suryo Klarifikasi Soal Meme Stupa Borobudur Mirip Jokowi

Sri Yanti Nainggolan - 15 Juni 2022 10:20 WIB
Dihujat Netizen, Roy Suryo Klarifikasi Soal Meme Stupa Borobudur Mirip Jokowi
Gambar stupa Candi Borobudur yang diubah mirip Presiden Joko Widodo. Foto: Twitter.
Jakarta: Roy Suryo kembali membuat heboh di Twitter. Kali ini, pakar telematika itu sempat mengunggah meme stupa Candi Borobudur yang wajahnya mirip Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). 

Dalam cuitan yang telah dihapus, Roy Suryo mengomentari kenaikan harga tiket masuk Taman Wisata Candi Borobudur yang direncanakan Rp750 ribu. Ia menampilkan dua meme. 
Pertama, stupa Candi Borobudur dengan tulisan 'pantas saja tikenya mahal, ternyata opung sudah buat patung 'I Gede Utange Jokowi' untuk tambahan dana bangun IKN'. Lalu, pada meme kedua dengan gambar serupa, terdapat cuitan 'Si stupa candi borobudur ada patung dewa anyar'. 

"Sejalan dengan protes rencana kenaikan harga tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50 ribu) ke 750 ribu (sudah sewarasnya) DITUNDA itu, banyak kreativitas netizen mengubah salah satu stupa terbuka yang ikonik di Bodobudur itu, LUCU, hehehe, AMBYAR," cuit Roy Suryo. 

Unggahan itu dihapus karena ia mendapat banyak hujatan. Kemudian, Roy Suryo pun memberi pernyataan bahwa bukan dia yang membuat dua meme itu. 

 
"Agar tidak ada yang memprovokasi lagi dan dianggap 'mengedit' karena ketidakfahamannya, maka postingan tersebut saya drop, case close. Jelas-jelas sudah ada 2 akun ASLI pengunggah sebelumnya," cuit akun @KRMTRoySuryo2 tersebut, Selasa, 14 Juni 2022. 

Ia mencantumkan URL lengkap para pengunggah dua meme tersebut. Roy Suryo juga memberikan kronologi meme itu bisa muncul di Twitter. 

"Meme pertama diuggah @IrutPagut 07/06/22 09.36. Diunggah kembali @NewOpang  09/06/22 08.05. Meme satunya diunggah @fly_free_DY 10/06/22 17.25," beber dia. 

Baca: Pengubah Gambar Stupa Candi Borobudur Mirip Wajah Jokowi Diusut

Harga tiket masuk Candi Borobudur tidak berubah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membatalkan rencana kenaikan tarif masuk ke Taman Wisata Candi Borobudur. Namun, ada beberapa syarat untuk memasuki cagar budaya itu. 

Hal itu diketahui dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang menyebutkan tarif masuk Candi Borobudur untuk umum tetap dikenakan sebesar Rp50.000 per orang.

"Intinya tidak ada kenaikan tarif, tetap Rp50.000. Anak-anak pelajar SMA ke bawah tetap Rp5.000," kata Basuki dilansir dari Antara, Selasa, 14 Juni 2022. 

(SYN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id