60 Penyelam Polda Metro Cari Korban Pesawat Sriwijaya Air

    Antara - 10 Januari 2021 02:04 WIB
    60 Penyelam Polda Metro Cari Korban Pesawat Sriwijaya Air
    Ilustrasi: Metro TV
    Jakarta: Polda Metro Jaya menurunkan 60 penyelam untuk membantu pencarian korban dan puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Pesawat diperkirakan jatuh di wilayah Kepulauan Seribu.

    "Ada 60 orang penyelam yang sudah disiapkan," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di Dermaga JICT II Tanjung Priok, Sabtu, 9 Januari 2020.

    Fadil mengatakan tim penyelam merupakan bawah kendali operasi (BKO) dari Korbrimob Polri. Tim memiliki kemampuan pencairan dan penyelamatan (search and rescue/SAR) di laut.

    Mereka ikut bersama kapal dari Polair Mabes Polri dan berkoordinasi dengan Koarmada I. Selain itu, dua kapal dari Polres Kepulauan Seribu sudah menuju lokasi jatuhnya pesawat.

    Pasukan elit TNI dari Kopaska dan Denjaka juga diturunkan mencari korban dan puing Pesawat Sriwijaya Air. Mereka mencari korban dan puing di sekitar Pulau Laki, Kepulauan Seribu.

    Panglima Koarmada I, Laksama Muda TNI Abdul Rasyid, menegaskan pihaknya telah menemukan titik koordinat lokasi jatuhnya pesawat. Seluruh personel telah disebar ke titik terdekat.

    "Semuanya merupakan potensi SAR, apa pun yang dilakukan, kami akan sampaikan kepada pihak Basarnas," kata Rasyid.

    Baca: Pilot Sriwijaya Air Kapten Afwan Dikenal Sosok Religius

    Pesawat Sriwijaya Air dengan call sign SJ 182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pukul 14.40 WIB. Pesawat berjenis Boeing 737-500 dengan nomor registrasi PK CLC itu baru lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, pukul 14.36 WIB.
     
    Posisi terakhir pesawat itu ada di 11 nautical mile di utara Bandara Soetta, tepatnya di sekitar Pulau Laki, Kepulauan Seribu. Pesawat tercatat hendak menambah ketinggian dari 11 ribu ke 13 ribu kaki. Pesawat yang diduga jatuh itu mengangkut 62 orang, terdiri dari 50 penumpang dan 12 kru.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id