Penjelasan Satgas Soal Penerima Vaksin Positif Covid-19 Usai Disuntik

    Nur Azizah - 26 Januari 2021 14:37 WIB
    Penjelasan Satgas Soal Penerima Vaksin Positif Covid-19 Usai Disuntik
    Ilustrasi vaksinasi. Medcom.id
    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menjelaskan kemungkinan penerima vaksin terjangkit virus covid-19. Penerima vaksin diyakini terjangkit virus korona sebelum antibodi terbentuk maksimal setelah dua kali penyuntikan vaksin.

    "Dan butuh waktu satu bulan untuk menciptakan kekebalan yang efektif bagi tubuh," papar Satgas Covid-19 dilansir dari laman covid19.go.id, Selasa, 26 Januari 2021.

    Suntikan pertama untuk memicu respons kekebalan awal. Sedangkan suntikan kedua untuk menguatkan respons imun yang terbentuk.

    "Saat seseorang dinyatakan positif setelah vaksinasi, itu artinya saat divaksinasi seseorang tersebut sudah terpapar/terinfeksi covid-19 dan sedang dalam masa inkubasi," terang Satgas Covid-19.

    Vaksin ini dikembangkan menggunakan metode inactivated vaccine yang telah terbukti aman. Metode ini hampir tidak mungkin menyebabkan seseorang terinfeksi setelah divaksinasi.

    Baca: Mirip Gubernur Anies, Bupati Sleman Isolasi Mandiri di Rumah Dinas

    Satgas Covid-19 mengingatkan masyarakat tak lengah menjalankan protokol kesehatan walau vaksinasi telah dimulai. Sebaliknya, proses vaksinasi harus paralel dengan pelaksanaan protokol 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

    Sebelumnya, Bupati Sleman Sri Purnomo diketahui positif covid-19 usai mendapatkan suntikan pertama Vaksin Sinovac. Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmidzi mengatakan ada kemungkinan saat divaksinasi Sri berada dalam masa inkubasi covid-19.

    Sri Purnomo mendapatkan suntikan pertama pada 14 Januari 2021. Namun, ia belum mendapatkan suntikan kedua.

    ''Jika melihat rentang waktu dari bapak bupati maka sangat mungkin pada saat bapak bupati divaksinasi beliau ini berada dalam masa inkubasi covid-19 di mana tentunya sudah terpapar virus covid-19 tapi tidak menunjukkan gejala,'' kata Nadia, Jumat, 22 Januari 2021.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id