Menteri LHK Jelaskan Program Prioritas kepada DPR

    Media Indonesia - 07 November 2019 10:53 WIB
    Menteri LHK Jelaskan Program Prioritas kepada DPR
    Menteri LHK Siti Nurbaya bersama Sekjen Kementerian LHK Bambang Hendroyono (kiri) dan Wamen Kementerian LHK Alue Dohong (kanan), saat rapat kerja dengan Komisi IV DPR. Foto: Kementerian LHK
    Jakarta: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menjelaskan program prioritas di periode kedua kepemimpinannya, kepada Komisi VI DPR. Program mencakup Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020.

    Salah satu yang menjadi prioritas adalah kebijakan yang mendukung tata ruang terintegrasi antara kebijakan satu peta, mitigasi, dan adaptasi perubahan iklim. Bentuk konkretnya adalah melalui pencegahan kebakaran hutan, penanaman kembali lahan-lahan kritis, dan pengembangan energi baru terbarukan (EBT) berbasis potensi setempat serta ramah terhadap lingkungan.

    Program selanjutnya adalah konservasi lahan gambut, pengurangan emisi karbon, peningkatan transportasi massal ramah lingkungan, pendidikan konservasi lingkungan yang berkelanjutan dengan melibatkan komunitas masyarakat adat, serta penambahan hutan kota dan ruang terbuka hijau.

    "KLHK juga akan melanjutkan langkah-langkah penegakan hukum dan rehabilitasi lingkungan," kata Siti, saat memberi paparan kepada 38 anggota Komisi IV DPR, Rabu, 6 November 2019.

    Anggota Komisi IV DPR meminta Kementerian LHK melaksanakan program kerjanya secara terukur dengan memperhatikan aspek kelestarian hutan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya yang tinggal di dalam dan sekitar hutan. Selain itu, mereka juga meminta Kementerian LHK untuk menangani perusahaan kebun sawit ilegal di dalam kawasan hutan.

    "Terima kasih atas catatan konkret yang diberikan. Akan kami tindak lanjuti," kata Siti.

    Pada raker perdana itu, dilakukan perkenalan masing-masing anggota Komisi IV oleh Ketua Komisi IV, Sudin. Menteri Siti Nurbaya juga memperkenalkan koleganya Wakil Menteri LHK, Alue Dohong.






    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id